8 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al Quran, Memulai dengan Ilmu dan Senantiasa Disiplin Waktu

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 15 Februari 2022 13:12
8 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al Quran, Memulai dengan Ilmu dan Senantiasa Disiplin Waktu
Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran bukan hanya berkaitan dengan hal duniawi, tapi juga tentang akhirat.

Dream - Kesuksesan merupakan sesuatu yang hendak dicapai oleh semua orang. Definisi sukses setiap orang pun berbeda-beda, mulai dari sukses secara finansial, pekerjaan, martabat, hingga sukses karena kebahagiaan.

Al Quran sebagai pedoman umat Islam pun juga menjelaskan tentang cara menjadi orang sukses di dunia dan akhirat. Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran bukan hanya berkaitan dengan hal duniawi, tapi juga tentang akhirat.

Sejatinya sukses menurut agama Islam adalah kebahagiaan yang kekal di dunia dan akhirat. Sebagai manusia tentu kita selalu punya keinginan untuk menjadi orang sukses.

Islam pun mengajarkan cara menjadi orang sukses menurut Al Quran. Cara ini bukan hanya untuk menjadi orang sukses di mata manusia, tetapi juga di mata Allah.

Lantas apa saja cara menjadi orang sukses menurut Al Quran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Pahami Hakikat Sukses

Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran yang pertama adalah dengan memahami dahulu makna dan hakikat sukses itu sendiri. Pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang dimaksud kesuksesan? Apakah orang sukses adalah orang yang memiliki banyak harta? Apakah orang sukses memiliki kekuasaan dan terkenal?

Definisi dan hakikat tentang kesuksesan menjadi tolak ukur seseorang untuk mencapainya. Tetapi sebenarnya kesuksesan adalah seseorang yang selama hidupnya dapat beriman kepada Allah, meninggal dalam keadaan husnul khatimah, serta mendapat ampunan dan ridha dari Allah SWT.

Hal ini seperti tertuang dalam surat Al-Mu’minuun ayat 1:

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

Artinya:

" Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman."

Dan dalam surat Ali Imran ayat 102 Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“ Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan janganlah kalian mati melainkan dalam keadaan muslim (berserah diri).”

2 dari 5 halaman

2. Menguatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran yang kedua adalah dengan menguatkan keimanan dan ketaqwaan. Keimanan adalah salahs atu indikator dalam meraih kesuksesan di dunia maupun akhirat. Allah telah menjelaskan tentang keimanan dalam surat Al-Mu’minuun ayat 1 sampai 11.

Ayat-ayat tersebut menjelaskan tentang keberuntungan yang menyertai orang-orang beriman. Orang yang beriman ditunjukkan dengan khusyu' dalam sholat, menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, menunaikan zakat, menundukkan hawa nafsunya, dan lain sebagainya.

3. Banyak Menolong

Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran yang ketiga adalah banyak menolong dan bersedekah kepada sesama makhluk. Manusia memiliki keterbatasan dalam bekerja dan berusaha. Sehingga manusia membutuhkan pertolongan dari Allah. Salah satu cara untuk mendapatkan pertolongan Allah adalah dengan menolong sesama.

Dalam al-Quran Surat Muhammad Ayat 7, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

Artinya:

" Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

3 dari 5 halaman

4. Banyak Sedekah

Ilustrasi© Unsplash.com

Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran juga bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah di jalan Allah. Karena sejatinya sedekah tidak akan mengubah seseorang menjadi miskin. Namun malah akan mmembuka pintu rejeki menjadi lebih lapang sehingga segala usaha mendapat kemudahan dari Allah.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya:

" Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

4 dari 5 halaman

5. Memulai dengan Ilmu

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an yang tak kalah penting adalah dengan memiliki ilmu. Dengan ilmu yang dimiliki, seseorang akan menjadi orang sukses yang mampu memanfaatkannya untuk kebaikan dan hal yang bermanfaat.

Kesuksesan bukanlah hal instan yang diperoleh tanpa usaha dan kerja keras. Jika ingin sukses, maka yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan menuntut ilmu. Keutamaan berilmu dalam Islam akan menuntun seseorang menuju kesuksesan.

“ Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS Al Alaq: 5)

6. Disiplin Waktu

Cara menjadi orang sukses menurut Al Quran yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memiliki disiplin waktu. Kebanyakan orang sukses karena mereka memiliki disiplin waktu yang baik. Agama Islam juga mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu disiplin. Salah satu ajaran kedisiplinan ini adalah dengan menjalankan sholat fardhu tepat pada waktunya.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa 103:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya:

" Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

5 dari 5 halaman

7. Bersabar dalam Proses

Menjadi orang sukses perlu melalui proses panjang yang tidak mudah. Untuk menjalani semua proses tersebut kita dituntut untuk selalu bersabar.

Allah menegaskan dalam surat Al-Ashr bahwa manusia sesungguhnya merugi, kecuali yang beriman, berbuat baik, dan saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Selain itu, Allah juga memerintahkan kepada manusia untuk meminta pertolongan dengan sabar dan sholat. Dalam Al-Baqarah 45, Allah berfirman:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya:

" Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

8. Selalu Bersyukur

Selain bersabar, cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an adalah selalu bersyukur. Sebab dengan bersyukur, seseorang akan merasa dirinya sebagai hamba Allah yang beruntung sehingga menjadi lebih bersemangat dalam menjalani langkah langkah menuju kesuksesan serta terhindar dari putus asa. Dengan bersyukur, kita akan diridhoi oleh Allah untuk menggapai kesuksesan.

Hal ini seperti tertuang dalam Surat Ibrahmi ayat 7:

“ Jika kamu bersyukur akan Ku tambah nikmat untukmu."

 

Sumber: unida.gontor.ac.id dan dalamislam.com

Beri Komentar