89,6 Persen Generasi Milenial Ingin Beli Rumah Sendiri, Perhatikan Faktor Ini Agar Tak Buntung

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 13 Mei 2022 18:13
89,6 Persen Generasi Milenial Ingin Beli Rumah Sendiri, Perhatikan Faktor Ini Agar Tak Buntung
Beli rumah bisa kok, perhatikan hal ini dulu ya Sahabat Dream

Dream - Punya rumah idaman menjadi impian banyak orang. Calon pembeli rumah di tahun ini didominasi oleh generasi milenial.

Berdasarkan IPEX Loyalty Member (ILM), Indonesia Properti Expo melakukan survei lebih dari 3.600 calon pembeli rumah, sekitar 78.9 persen di antaranya adalah kaum milenial.

Sebanyak 89.6 persen dari mereka mengatakan ingin membeli rumah pertama untuk kebutuhan sendiri (first home buyers). Sejauh ini, lokasi properti yang menjadi favorit, yaitu Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, serta kawasan Bintaro, Serpong, dan sekitarnya.

Namun saat ini dana untuk membangun rumah di kota besar tidaklah murah. Setiap tahunnya, harga jual tanah dan rumah di kota-kota tersebut mengalami kenaikan, namun hal ini tidak menyurutkan banyaknya permintaan.

Doc Pameran Properti Expo© Doc Pameran Properti Expo

Doc: Indonesia Properti Expo

“ Meskipun terdapat perubahan harga rumah komersil dan rumah subsidi hingga 7 persen, namun antusias permintaan properti terus meningkat,” jelas Ketua DPD REI DKI, Arvin F Iskandar, pada keterangan tertulis yang diterima Dream.

Kenaikan harga rumah tersebut terjadi di 2022 seiring dengan rencana pemerintah berdasarkan usulan Real Estate Indonesia (REI).

1 dari 3 halaman

Lokasi Rumah

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah impian agar tinggal nyaman sekaligus investasi di masa depan.

Pertama, pilihlah lokasi yang strategis dan sedang berkembang. Karena tempat yang terus berkembang memiliki prospek menjanjikan kedepannya.

Contohnya seperti properti di kawasan kota yang sedang berkembang atau dekat dengan pembangunan mal atau transportasi massal menjadi nilai investasi besar.

 

2 dari 3 halaman

Jenis Tempat Tinggal

Shutterstock© Shutterstock

Setelah memilih lokasi, tentukan jenis tempat tinggal yang cocok pada lokasi tersebut lebih menjanjikan membeli rumah tapak atau apartemen.

Karena semakin tinggi jenis properti yang diminati pada lokasi itu, maka harganya akan terus melonjak di kemudian hari. Kenaikan harga bahan bangunan juga menjadi pemicu lonjakan harga rumah dari tahun ke tahun.

 

3 dari 3 halaman

Sesuaikan Harga

Harga rumah tidaklah murah, sebaiknya selaraskan daya beli dengan tempat tinggal yang dipilih. Dana pun harus disesuaikan dengan tempat tinggal yang kita incar, sekaligus biaya-biaya tambahan seperti perbaikan dan pajak juga wajib diperhitungkan.

Mendukung para generasi muda, Pameran Indonesia Properti Expo bekerja sama dengan Bank BTN menawarkan suku bunga 2,22%, melalui program BTN Property for Millennials dalam pagelaran pameran Indonesia Properti Expo 2022, tanggal 15-22 Mei 2022 di Jakarta Convention Center Senayan.

Doc Pameran Properti Expo© Doc Pameran Properti Expo

Promo yang ditawarkan termasuk jangka waktu cicilan KPR hingga 30 tahun dan potongan biaya-biaya seperti provisi, administrasi dan diskon asuransi. Tahun ini, pameran Indonesia Properti Expo menargetkan mayoritas konsumen dari kaum millennial dan first-home buyers.

Pada penyelenggaraan di tahun ke-39 ini, Pameran Indonesia Properti Expo menghadirkan lebih dari 225 proyek properti dari pengembang pilihan diantaranya Metropolitan Land, Rancamaya, Ciputra Grup, Adhi Commuter Properti, Perumnas, Graha Perdana Indah, Triyasa Propertindo dan beberapa pengembang lainnya sebanyak 60 Pengembang.

Harga properti yang terdaftar di pameran dibanderol mulai dari harga Rp168 Juta. Ini jadi momen yang tepat untuk generasi muda mewujudkan mimpi punya rumah sendiri.

" Dengan promo dan potongan yang ditawarkan dari pengembang serta Bank BTN yang memberikan tambahan kemudahan dalam proses layanan perbankan, tahun ini merupakan sebuah awal yang tepat jika ingin membeli properti karena banyak faktor yang membuat investasi lebih menarik" , jelas Vice President PT. Adhouse Clarion Events, Gad Permata.

Beri Komentar