Lazada Kini Dikuasai Alibaba

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 12 April 2016 16:47
Lazada Kini Dikuasai Alibaba
Perusahaan raksasa milik mantan guru Gahasa Inggris, Alibaba ingin memperkuat pasar di Asia Tenggara dengan mengakuisisi saham Lazada Group senilai Rp 13 tirliun

Dream - Raksasa perusahaan perdagangan elektronik (electronic commerce/e-commer) asal Negeri Tiongkok, Alibaba, mengakusisi saham Lazada Group. Nilai pembelian sahamnya mencapai US$1 miliar atau sekitar Rp 13,1 triliun.

Dilansir situs CNBC, Selasa 12 April 2016, Alibaba menyiapkan dana sebesar US$1 miliar untuk membeli saham baru Lazada Group sebesar US$500 juta. Perusahaan milik Jack Ma ini juga akan memboyong saham Lazada Group investor sebelumya yang di dalamnya terdapat saham milik Rocket Internet AG dan Tesco.

Presiden Alibaba, Michael Evans, mengatakan pembelian saham Lazada Group ini bertujuan untuk memperkuat pasar di Asia Tenggara.

" Dengan investasi di Lazada, Alibaba bisa meningkatkan akses untuk memperbesar pasar dan konsumen di luar Tiongkok," kata Evan.

CEO Lazada Group, Max Bittner, mengatakan kesepakatan ini bisa mempercepat pencapaian target 560 juta konsumen di kawasan tersebut.

Rocket Internet dilaporkan akan menjual 9,1 persen sahamnya di Lazada seharga US$137 juta (Rp 1,79 triliun). Sementara Tesco akan melepas 8,6 persen sahamnya di Lazada seharga US$129 juta (Rp 1.69 triliun. Kedua perusahaan ini memberi waktu pembelian bagi Alibaba selama 12-18 bulan sejak kesepakatan pembelian saham diteken.

Sekadar informasi, Lazada dibangun sejak tahun 2012. Perusahaan e-commerce ini melayani area regional yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Beri Komentar