Dream – Live streaming atau kegiatan menyiarkan video di internet secara langsung jadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan para pelaku digital saat ini.
Beberapa netizen menggunakan layanan ini untuk berjualan online dengan menunjukan barang atau jasa yang ditawarkan.
Dengan banyaknya pengguna media sosial, live streaming jadi salah satu alat pemasaran efektif di era digital seperti saat ini. Calon pembeli dapat melihat langsung review produk, bahkan bisa berinterasksi dengan host streaming.
Bahkan kegiatan live streaming bisa dikerjakan kapanpun, dengan cara yang mudah
Kebutuhan live steaming dipermudah denga banyaknya pengelola e-commerce yang mulai menyediakan platform siaran untuk penjual atau seller memasarkan produk-produknya.
Layanan inilah yang sedang diberikan Lazada yang memiliki fitur LazLive.
“Kami berupaya memberikan nilai tambah bagi para penjual di Lazada melalui penawaran eksklusif kami di LazLive dengan membebaskan biaya komisi penjualan produk yang terjual saat live streaming di Lazlive,” ucap Ogie Baringbing selaku Head of Live Streaming Lazada Indonesia di Jakarta pada Kamis, 9 November 2023.
Ogie menjelaskan seorang penjual atau seller tak cukup hanya mengadakan live streaming biasa lewat layanan yang disediakan e-commerce saja.
Seller juga harus berinovasi dan kreatif saat memasarkan produk-produk yang dijual secara daring.
Berikut beberapa tips agar 'jualan online' kamu makin menarik perhatian konsumen saat menontonnya.
1. Tips dari Segi Konten
Untuk menciptakan live streaming yang menarik konsumen, kamu harus mengingat kata kunci “FAME”, yang berarti Fun, Attractive, Meaningfull, dan Engaging.
Yuk ikuti tips agar 'jualan online' kamu makin menarik perhatian konsumen saat menontonnya.
1. Tips dari Segi Konten
Ciptakan live streaming yang menarik. Kamu harus mengingat kata kunci “FAME”, yang berarti Fun, Attractive, Meaningfull, dan Engaging.
Konten live streaming harus dibuat menghibur agar konsumen betah berlama-lama menonton dari awal sampai akhir siaran langsung. Misalnya kamu bisa mengadakan giveaway, challenge, atau kegiatan seru lainnya.
Konten live streaming dibuat semenarik mungkin. Mulai dari penampilan host atau streamer, backdrop dan properti yang digunakan sesuai dan menarik secara visual.
Di setiap live streaming, pastikan selalu ada pesan yang disampaikan pada penonton, seperti mempromosi produk yang kamu jual dengan jelas.
“Meaningful artinya harus ada message yang mau disampaikan ke penonton, jadi tidak hanya ngomong atau tidak ada yang dipromosikan, karena tujuan live streaming di Lazlive adalah untuk mempromosikan produk,” papar Ogie menjelaskan.
Selalu lakukan interaksi dengan penonton, misalnya tanya jawab mengenai detail produk, kuis dengan penonton atau sekadar menyapa penonton.
2. Tips dari Segi Skill
Live streaming bukan hanya tentang memasarkan produk begitu saja, namun kegiatan yang membutuhkan keahlian yang tepat agar benar-benar bisa merayu konsumen tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.
Untuk menarik penonton saat live streaming, host, presenter atau streamer harus memiliki jiwa percaya diri yang tinggi di depan kamera agar dapat mencerminkan kepercayaan terhadap produk yang sedang dipromosikan.
Sebelum melakukan live streaming, pastikan host benar-benar mengetahui dan mengenal baik tentang produk yang akan dipromosikan supaya mempermudah host berinteraksi dengan penonton.
Untuk melakukan live streaming, kemampuan berkomunikasi dengan baik sangatlah penting. Host harus mampu menjelaskan produk dan meyakinkan konsumen.
Advertisement
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya