Bacaan Doa Amil ketika Menerima Zakat, Para Malaikat akan Mengaminkannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 20 April 2022 09:45
Bacaan Doa Amil ketika Menerima Zakat, Para Malaikat akan Mengaminkannya
Doa penerima zakat adalah doa terbaik untuk orang yang sudah memberikan zakatnya.

Dream – Zakat adalah rukun Islam yang ke-4. Menunaikan zakat hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim laki-laki dan perempuan. Di saat bulan suci Ramadan, zakat fitrah menjadi hal yang harus umat Islam persiapkan. Nantinya zakat tersebut bisa diserahkan kepada lembaga zakat atau bisa juga melalui pengurus zakat di masjid.

Perintah untuk berzakat ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim berikut ini:

بُنِيَ الإِسْلامُ على خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وأنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللهِ، وَإقَامِ الصَّلاةِ، وَإيْتَاءِ الزَّكاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ متفق عليه

Artinya: Islam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (HR Bukhari Muslim).

Zakat yang diserahkan bisa berupa makanan pokok seperti beras seberat 2,5 kg maupun uang. Ketika sahabat Dream menyerahkan zakat, maka hal yang tak boleh ditinggalkan adalah membaca niat berzakat. Setelah itu ada juga bacaan doa amil ketika menerima zakat.

Nah, berikut adalah bacaan doa amil ketika menerima zakat sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Perintah untuk Berzakat dalam Islam

Perintah untuk Berzakat dalam Islam© Shutterstock.com

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, zakat adalah ajaran Islam yang tergolong ma’lum minad din bidl dlaruri atau ajaran agama yang secara pasti telah diketahui secara umum. Jadi, jika kewajiban berzakat ini diingkari oleh umat Islam, maka orang tersebut adalah orang yang kufur. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Syekh Muhyiddin an-Nawawi berikut ini:

وجوبالزكاةمعلوممنديناللهتعالىضرورةفمنجحدوجوبهافقدكذباللهوكذبرسولهصلىاللهعليهوسلمفحكمبكفره

Artinya: Kewajiban zakat adalah ajaran agama Allah yang diketahui secara jelas dan pasti. Karena itu, siapa yang mengingkari kewajiban ini, sesungguhnya ia telah mendustakan Allah dan mendustakan Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam, sehingga ia dihukumi kufur.”

Perintah untuk melakukan zakat ini pun juga ada dalam firman Allah SWT, salah satunya dari surat At-Taubah ayat 103 berikut ini:

خُذْمِنْاَمْوَالِهِمْصَدَقَةًتُطَهِّرُهُمْوَتُزَكِّيْهِمْبِهَاوَصَلِّعَلَيْهِمْۗاِنَّصَلٰوتَكَسَكَنٌلَّهُمْۗوَاللّٰهُسَمِيْعٌعَلِيْمٌ

Artinya: Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).

Perintah berzakat ini tentunya memiliki tujuan yang baik. Mengingat bahwa harta yang kita miliki sesungguhnya tidak semuanya adalah milik kita. Tetapi ada juga hak orang lain di dalamnya, yakni hak orang-orang yang membutuhkan. Sehingga, menunaikan zakat adalah bagian dari membersihkan harta. Dan di bulan Ramadan, menunaikan zakat fitrah akan menyempurnakan puasa yang kita jalankan selama satu bulan penuh.

2 dari 2 halaman

Doa Amil ketika Menerima Zakat

Doa Amil ketika Menerima Zakat© Shutterstock.com

Penyerahan zakat sudah ditentukan dalam ajaran Islam tentang seberapa banyaknya. Selain itu, dalam menyerahkan zakat pun juga diharuskan untuk membaca niat terlebih dahulu yang akan menentukan sah atau tidaknya zakat tersebut. Begitu juga dengan penerima zakat, hendaknya membaca doa amil ketika menerima zakat.

Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini:

Barangsiapa diperlakukan baik (oleh seseorang), hendaknya ia membalasnya. Apabila ia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterima kasih kepadanya, namun jika menyembunyikannya, berarti ia telah mengingkarinya.” (HR. Bukhari).

Sedangkan bagi penerima zakat, berikut adalah doa amil ketika menerima zakat yang bisa sahabat Dream baca:

طَهَّرَاللهُقَلْبَكَفِيقُلُوْبِالأَبْرَارِوَزَكَّىعَمَلَكَفِيعَمَلِالأَخْيَارِوَصَلَّىعَلَىرُوْحِكَفِيأَرْوَاحِالشُّهَدَاءِ

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’.

Artinya: “ Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bersalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

Tak hanya itu saja, ada lagi doa amil ketika menerima zakat yang bisa juga dibaca sebagai berikut:

أجَرَكَ اللهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ, وَبَارَكَ لَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ, وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا

Ajarokallahu fiimaa a'athoita wa baaraka laka fiimaa abkoita waj'alhu laka thohuuro.

Artinya: “ Mudah-mudahan Allah memberi pahala atas apa yang engkau berikan, memberikan berkah atas apa yang masih ada di tanganmu dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Dengan membacakan doa ini berarti orang yang menerima zakat telah mendoakan orang baik yang sudah memberi zakat. Di saat doa tersebut dipanjatkan, maka para malaikat pun akan mengaminkannya. Seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata ‘Amin’. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim).

Beri Komentar