Pelaksanaan Sukuk Tak Sepenuhnya `Halal`?

Reporter : Ramdania
Kamis, 14 Januari 2016 10:29
Pelaksanaan Sukuk Tak Sepenuhnya `Halal`?
Pemerintah masih mempercayakan sukuk kepada bank konvensional.

Dream - Meski pemerintah telah berkali-kali menerbitkan isntrumen pembiayaan berupa sukuk, atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Namun, dalam pelaksanaannya dinilai masih kurang syariah.

Direktur Bisnis BNI Syariah Imam T Saptono menyebutkan, pemerintah sendiri belum mempercayakan sepenuhnya kepada bank syariah dalam pelaksanaan proyek-proyek yang berbasis sukuk. Pemerintah masih menggunakan bank konvensional.

" Coba tanya Kemenkeu. Begitu menerbitkan sukuk, itu pelaksanaannya belum di bank syariah lho," ujarnya di Jakarta, kemarin. 

Untuk itu, lanjut Imam, jika pemerintah ingin perbankan syariah ini berkembang di Indonesia, maka perlu adanya kepercayaan dalam turut mengelola keuangan negara.

Terlebih, untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat.

" Ini supaya tentram, kan orang pilih sukuk karena ingin halal. Harusnya begitu pemerintah bersukuk, pada saat proyeknya mau dilaksanakan harusnya pakai bank syariah," tegasnya.

Seperti diketahui, kebanyakan bank yang menjadi peserta lelang adalah bank konvensional. Hanya 3 bank syariah BUMN yang ikut, yaitu BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BRI Syariah. (Ism)

Beri Komentar