Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Dream - Pelaku bisnis kecil dan menengah memiliki harapan baru untuk menjalankan roda usaha di tengah kondisi ekonomi melambat. Platform e-Commerce Shopee baru-baru ini meluncurkan berbagai program untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tetap bertahan di situasi sulit seperti saat ini.
Handhika Jahja, direktur Shopee Indonesia mengakui upaya untuk menyiasati dampak hebat wabah Covid-19 terhadap ekonomi nasional membutuhkan sinergi antara pemerintah dan swasta. Salah satu sinergi yang diinisiasi Shopee adalah program bantuan Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee yang merupakan kelanjutkan dari prohram stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee.
" Program ini telah kami kurasi agar dapat menjawab kebutuhan utama dari para pelaku terdampak di masa pemulihan ekonomi ini," kata Handhika dalam keterangan tertulisnya.
Selain menyediakan bunga pinjaman spesial dan stimulus modal, program baru dari Shopee ini juga menyertakan inisiatif ekspor untuk terus memperluas jangkauan mitra penjual UMKM kami.
" Kami harap, bantuan ekonomi ini dapat tepat guna dan membantu sektor UMKM secara signifikan di tengah situasi pandemi,” katanya.
Sejalan dengan skema Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 (PP 23/2020) dukungan yang diberikan Shopee tak hanya pada pengusaha UMKM juga ditujukan untuk pembeli.
Dalam bidang permodalan, Shopee bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia TBk (BRI) menyediakan bunga pinjaman spesial kepada lebih dari 10 ribu UMKM. Lebih khusus program bantuan ini berupa penyualuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dijalankan BRI.
Bantuan likuiditas ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk dapat kembali menjalankan usahanya secara normal, terutama di masa pembukaan kembali sektor ekonomi seperti sekarang. " Kerja sama ini dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk mengakses bantuan modal dengan meminimalisir banyaknya persyaratan administrasi."
Program ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’ lainnya adalah memfasilitas 20 ribu UMKM lokal untuk mengekspor produk ke Malaysia dan Singapura Dimulai sejak April lalu, Shopee telah kembali mengembangkan program ekspor “ Kreasi Nusantara: Dari Lokal untuk Global” yang telah sukses mengekspor 5.000 produk produk lokal ke dua negara tersebut.
Program ekspor ini dikembangkan lagi untuk membantu 20.000 UMKM menumbuhkan dan memperluas jangkauan bisnis mereka di pasar global.
Khusus di pasar dalam negeri. Shopee telah mengalokasikan dana Rp17 miliar untuk meningkatkan transaksi UMKM lokal dan para pengguna. Dukungan yang diberikan untuk penjual itu dalam bentuk voucher toko, keringanan biaya layanan, dan kredit iklan.
Untuk pelaku UMKM, subsidi voucher toko diberikan kepada penjual baru agar membantu mereka mempromosikan usahanya dan mendapatkan konsumen. Keringanan biaya layanan juag diberikan agar dapat membantu menurunkan biaya operasi dan menjaga pertumbuhan yang stabil untuk bisnis online mereka
Agar menjangkau calon konsumen lebih luas, Shopee juga memberikan subsidi kredit iklan untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk
Sementara untuk pembeli, Shopee menggelar promo cashback dan voucher di puncak kampanye 7.7 Pesta Diskon Supermarket. Voucher khusus Gratis Ongkir di ShopeeMart untuk membantu para pengguna dapat memenuhi kebutuhan penting mereka dari rumah secara lebih terjangkau.(Sah)