Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Cara Kerja Mesin EDC, Sudah Tahu Belum?

Begini Cara Kerja Mesin EDC, Sudah Tahu Belum? Sekarang, BI Mewajibkan Penggesekan Kartu Pembayaran Hanya Di Mesin EDC.

Dream – Sahabat Dream, Bank Indonesia (BI) melarang konsumen untuk menggesek kartu kredit dan kartu debit di mesin kasir. Bank sentra itu ingin nasabah terlindungi dari penyalahgunaan mesin kasir.

Bank sentral ini hanya mengizinkan penggesekan kartu dilakukan di mesin electronic data capture (EDC).

Sering menggeser kartu debit atau kartu kredit atau melihat mesin EDC, tapi tahukah kamu cara kerja mesin itu? Sebelum mengulik si mesin kecil itu, kita pelajari dulu soal aturan gesek-menggesek kartu.

Dilansir dari CekAja.com, Selasa 12 September 2017, larangan soal menggesek kartu berulang kali termuat dalam Peraturan BI No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Dengan regulasi ini, petugas kasir tak boleh menggesek kartu pembayaran ke mesin kasir.

Masyarakat juga berhak menolak jika kasir menawarkan kartu debit dan kredit digesek ke mesin kasir. Jika ada yang membandel, BI tak segan untuk memberikan sanksi kepada ritel yang melakukan praktik ini.

Sahabat Dream, penggesekan kartu pembayaran di mesin kasir ini punya beberapa risiko yang mengancam, seperti kartu kredit dan debit berisiko dipalsukan, konsumen bisa terkena double charge, dan mesin kasir rawan diretas. Yang paling berbahaya, oknum bisa mengklonik data nasabah yang ada di kartu pembayaran dan bisa menguras isi tabungannya.

Untuk itulah, BI meminta gesek kartu hanya dilakukan di mesin EDC. Mesin EDC ini tak jauh berbeda dengan mesin ATM. Nasabah juga bisa melakukan transfer hingga tarik tunai dari mesin ini. Mesin ini juga tak berbeda dengan “gerbang tol” yang memisahkan rekening konsumen/pembeli dengan rekening tokonya.

Lalu, bagaimana cara kerja mesin EDC dan tips amannya?

Ketika kartu digesek, sejumlah uang yang diketik akan langsung berpindah dari rekening konsumen ke rekening pemilik toko. Perlu dicatat, tak semua mesin EDC mengharuskan pengguna untuk menggesek kartu.

Penggesekan kartu dua kali berpotensi ada pencurian data dari konsumen. Untuk menghindarinya, konsumen bisa menolak jika kasir akan menggesek kartu kita sebanyak dua kali.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya ada dua jenis kartu kredit. Jenis pertama adalah kartu kredit yang tidak menggunakan chip, biasanya berupa magnet. Penggunaan kartu kredit ini hanya bisa dilakukan dengan menggesek kartu ke mesin EDC.

Kartu jenis kedua adalah kartu yang memiliki chip. Kartu ini bisa digunakan dengan cara dimasukkan ke mesin. Kelebihan kartu yang memiliki chip adalah keamanan yang jauh lebih tinggi. Meskipun digesek dua kali, data nasabah yang terdapat di dalamnya tidak bisa diakses. 

Agar lebih aman, sebaiknya memakai mesin EDC yang memiliki stiker pengenal yang menunjukkan bank yang memproduksinya. Pastikan nama bank yang tertera pada layar EDC sesuai dengan stiker tersebut.

Langkah aman selanjutnya adalah dengan bertransaksi pada mesin yang sama dengan kartu kita. Selain tidak membuat kita terkena potongan adminsitrasi karena menggunakan EDC beda bank, penggunaan EDC bank yang sama juga mengharuskan kita memasukkan PIN sebelum menggesek. Hal ini meningkatkan keamanan data kartu kredit kita.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan Mesin

Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan Mesin

Jangan Panik, Begini 7 Cara Mengurus Kartu Debit Jika Tertelan Mesin ATM

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Ganti E-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Cara Mudah Ganti E-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Berikut contoh mengajukan pergantian KTP baru secara online

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Cak Imin Ditegur karena Main Ponsel di Sidang Sengketa Pilpres, Ketua MK Beri Peringatan

Detik-Detik Cak Imin Ditegur karena Main Ponsel di Sidang Sengketa Pilpres, Ketua MK Beri Peringatan

Main ponsel ketika sidang, cak imin kena tegur petugas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.