Lagi Stres Disuruh Bikin Keputusan Penting, Ini 4 Triknya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 Juli 2018 06:30
Ketika merasa tertekan, tak jarang kita sulit berpikir secara jernih dan objektif.

Dream – Dalam hidup kita selalu dihadapkan pada posisi harus membuat pilihan. Terkadang kondisi itu kadang tak mengenal situasi. Ada kalanya kamu harus membuat keputusan penting di saat sedang tertekan oleh banyak hal. 

Tekanan bisa berasal dari waktu yang kurang, emosi, atau apa pun. Bagi sebagian orang, mengambil keputusan di bawah tekanan adalah hal yang paling sulit dilakukan.

Tanpa pemikiran yang objektif, kamu bisa membuat keputusan yang justru berakibat fatal. Tetapi jika dihadapkan pada kondisi tersebut, apa yang harus dilakukan?

Dikutip dari Lifehack, Selasa 10 Juli 2018, ada empat cara yang bisa dilakukan agar kita bisa mengambil keputusan yang baik ketika berada di bawah tekanan. Yang pertama, ketahuilah situasi. Pengetahuan adalah kekuatan.

Pemahaman yang lebih baik bisa membuatmu membuat keputusan yang apik. Langkah pertama yang harus dilakukan, analisis keadaan dan pelajari materi yang relevan sampai kamu akrab dengan kondisi tersebut.

Kedua, ketahui hasilnya. Setelah menganalisis kondisi, kamu harus membuat prediksi terbaik dan pikirkan dampaknya. Apa yang efek jangka pendek dan jangka panjang serta apa pula pengaruhnya terhadap orang lain.

Ketiga, konsultasi secara objektif. Bicarakanlah keputusan kamu dengan orang-orang yang bisa melihat kondisi secara objektif. Setidaknya kamu bisa berdiskusi dengan pakar. Para ahli bisa melihat situasi kamu dan tak ada ikatan emosional kepadamu. Mereka juga bisa memberikan saran terbaik. Carilah sebanyak-banyaknya informasi dan saran. Itu bisa membuatmu mempermudah mengambil keputusan.

Keempat, berkomitmen. Nah, ini yang paling sulit. Setelah membuat keputusan, tak jarang orang sulit menerapkannya. Pastikan setelah membuat keputusan, kamu membuat komitmen dan menerapkannya.

(Sah)

Beri Komentar
#MovieTalk Liam & Laila - Nirina Zubir & Kampung Halaman