CONNECT WITH US!

8 Tahun Pimpin Gojek, Ini yang Dipetik Nadiem Makariem

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Rabu, 4 Juli 2018 08:29
Ada Yang Dipelajari Nadiem Makarim Selama Mengembangkan Gojek, Apa Itu? (Foto: CNBC)
Bos Gojek ini mengambil pelajaran tentang kepemimpinan.

Dream – Sebagai bos PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia), Nadiem Makarim bertanggung jawab terhadap bisnis yang dikembangkan di lima negara dan satu juta mitra pengemudi. Perjalanan menumbuhkan Gojek tidaklah mulus.

Namun ada satu hal yang dipetik Nadiem tentang manajerial perusahaan. Pelajaran itu adalah tidak selalu merasa menjadi seorang pemimpin.

“ Sebagai seorang pendiri, kamu merasa tahu apa yang paling tepat untuk bisnis. Itu memang alami untuk memiliki insting itu,” kata Nadiem di acara Managing Asia, dikutip dari CNBC, Rabu 4 Juli 2018.

Akan tetapi, sikap ini bisa menjadi bumerang untuk para pemimpin perusahaan. Maka, tak jarang pemimpin membohongi diri sendiri tentang hal itu.

“ Semakin besar tinggi posisimu dan semakin besar perusahaanmu, orang-orang akan semakin ragu memberi tahu apa yang dipikirkan,” kata dia.

Pria kelahiran 1984 ini mengatakan, pemimpin perusahaan harus menemukan gaya kepemimpinan yang tepat untuk memimpin perusahaan. “ Jika tidak, kamu akan merasa sangat tidak berguna dengan cepat,” kata dia.

Lalu, bagaimana gaya Nadiem memimpin di perusahaannya? Dia mengajak karyawannya untuk berdiskusi dalam mengambil keputusan, dari bisnis ojek sampai layanan kecantikan. Kepercayaan diri karyawannya pun didorong.

“ Banyaknya orang dan cara yang berbeda-beda untuk mencapai sebuah visi merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan. Dikelilingi orang-orang yang mampu berkata ‘tidak’ dan mengajukan cara lain itu penting,” kata dia.

Fakta di Balik Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia