Bekas Penjaga Toko Pasar Glodok Punya Harta Rp25 T, Jadi Orang Terkaya Indonesia

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 16 November 2021 07:36
Bekas Penjaga Toko Pasar Glodok Punya Harta Rp25 T, Jadi Orang Terkaya Indonesia
Di balik terkenalnya ACE Hardware, ada sosok pria yang bekerja keras untuk itu semua, ialah Kuncoro Wibowo.

Dream - Siapa yang tak kenal ACE Hardware, pusat perlengkapan perkakas rumah tangga yang sering kita jumpai di berbagai kota di Indonesia. Di balik terkenalnya ACE Hardware, ada sosok pria yang bekerja keras untuk itu semua, ialah Kuncoro Wibowo.

Dikutip dari berbagai sumber, Kuncoro Wibowo yang lahir pada tahun 1956 ini pernah terpaksa berhenti sekolah akibat tragedi G30SPKI di tahun 1965. Akhirnya, ia melanjukan pendidikannya di rumah dengan mengundang guru (home schooling).

Sejak kecil, Kuncoro membantu ayahnya, Wong Jin berjualan di toko perkakas yang hanya berukuran 3x3 meter bersama adik-adiknya. Toko perkakas ini terletak di Glodok, Jakarta Pusat. Selain mengajarkan berdagang, ayahnya juga mendaftarkan Kuncoro untuk mengikuti berbagai les tambahan, seperti les Bahasa Ingris dan Mandarin.

Sifat disiplin dan mandiri yang telah ditanamkan oleh orangtua Kuncoro, membuatnya sudah dipercaya untuk pergi ke luar negeri bertemu pemasok perkakas dan bernegosiasi sendiri, meskipun usianya baru menginjak 17 tahun.

1 dari 2 halaman

Pertama kali dibuka di Tangerang

Bisnis perkakas berlanjut dengan didirikannya PT Kawan Lama Sejahtera yang masih dalam naungan Grup Kawan Lama (GKL) yang didirikan oleh sang ayah. Kuncoro dipercaya sebagai Sales Manager PT Kawan Lama Sejahtera pada tahun 1977.

Pada tahun 1981, sang ayah wafat.

Namun Kuncoro malah semakin giat mengembangkan bisnis perkakas tersebut hingga ia berekspansi dengan mendirikan PT ACE Hardware yang memiliki lisensi tunggal ACE Hardware, yaitu perusahaan perkakas yang berasal dari Amerika Serikat.

ACE Hardware pertama kali dibuka di Supermal Karawaci, Tangerang.

Kini ACE Hardware dan Informa dinaungi oleh Group Kawan Lama yang dikembangkan oleh Kuncoro Wibowo. Selain itu Office1 Superstore dan juga merek minuman Chatime merupakan milik Kuncoro.

2 dari 2 halaman

Jadi orang terkaya di Indonesia

Di usia 39 tahun, Kuncoro menjabat sebagai Komisaris Utama PT ACE Hardware. Ia juga memegang posisi penting di beberapa perusahaan Grup Kawan Lama.

Pada tahun 2011, Grup Kawan Lama merambah bisnis ke dunia properti, dengan membangun Living World di Tangerang yang dilengkapi dengan ACE Hardware terluas dengan total 15.000 meter persegi.

Berkat kerja kerasnya, Kuncoro Wibowo dinobatkan sebagai orang terkaya Indonesia ke-14 versi majalah Forbes, dengan nilai harta kekayaan Rp24,68 triliun.

Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari jaringan bisnis Kawan Lama Group, yakni ACE Hardware.

Beri Komentar