3 Tips UKM Kuliner Berumur Panjang dari Pembuat Martabak yang Sudah Beroperasi 62 Tahun

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 19 Agustus 2022 08:01
3 Tips UKM Kuliner Berumur Panjang dari Pembuat Martabak yang Sudah Beroperasi 62 Tahun
Bermula dari sebuah bisnis martabak dengan menggunakan gerobak yang sederhana, kini punya ratusan cabang

Dream - Mempertahankan bisnis kuliner tetap eksis selama lebih dari setengah abad bukan pekerjaan mudah. Dengan menu yang bisa disontek pesaing, banyak kuliner kekinian yang terpaksa gulung tikar karena hanya bisa mempertahankan pelanggan dalam hitungan tahun saja.  

Jatuh bangun berulang kali. Itulah situasi yang menggambarkan perjalanan bisnis Martabak Pecenongan 78 di masa awal tahun merintis.

Pahit getirnya kegagalan itulah yang membawa kuliner legendaris kota Jakarta ini merengkuh pasar dan melebarkan sayap hingga ke lebih dari 400 cabang di seluruh Indonesia.

Bermula dari sebuah bisnis martabak dengan menggunakan gerobak yang sederhana, Martabak Pecenongan 78 diterima oleh masyarakat luas.

Dengan persaingan bisnis yang kian sengit, usaha turun temurun milik keluarga ini tak lantas bersantai dengan kesuksesannya saat ini. Meski pandemi sedang melanda, Martabak Pecenongan 78 tetap melakukan ekspansi dengan membuka ratusan cabang baru.

Sukses mempertahankan eksistensinya selama 62 tahun, Martabak Pecenongan 78 menerapkan sejumlah strategi praktis. Airasia food bersama Martabak Pecenongan 78 berbagi tips seputar mempertahankan eksistensi bisnis dan berekspansi kepada sesama pejuang UMKM kuliner di tanah air.

1 dari 3 halaman

Konsistensi Kunci Utama

Fenomena pemilik bisnis “ latah” dengan tren kekinian dan langsung mengubah bisnis agar tak ketinggalan roda kemajuan merupakan hal yang lumrah terjadi saat ini. Namun perhitungan yang tepat jangan sampai dilupakan. 

Rey Christian, pemilik dari Martabak Pecenongan 78 menyadari benar hal tersebut. Meski tak boleh menyesuaikan strategi bisnis dengan tren yang sedang berlangsung, Rey lebih percaya pada kosistensi. Baginya tren hanyalah bersifat sesaat dan konsistensi adalah kunci yang membuat sebuah bisnis bisa berusia panjang.

Seorang pemilik bisnis disarankan tetap konsisten dengan produk yang mereka jual dan mencari potensi-potensi di sekitar untuk mengembangkannya. 

“ Dari dulu hingga sekarang, Martabak Pecenongan 78 fokus di menu martabak. Namun, kami mengikuti selera pasar melalui inovasi menu, seperti meluncurkan menu martabak kekinian," ujar Rey pada keterangan tertulis yang diterima Dream.

Strategi pemasaran yang lebih maju juga dilakukan Martabek Pecenongan 78. Jika popularitas dahulu diperoleh dari mulut ke mulut, kini pemilik bisnis kuliner ini aktif mengembangkan media sosial serta layanan pemesanan online, seperti Airasia Food.

 

2 dari 3 halaman

Kepercayaan Pelanggan, Modal yang Harus Dijaga

Ketika sebuah bisnis semakin besar, Rey melihatacap kali pemilik usaha tak lagi memprioritaskan kualitas produknya. Akibatnya, pelanggan merasa kecewa dan berujung pada penurunan performa bisnis secara keseluruhan.

Sebagai generasi penerus bisnis Martabak Pecenongan 78, Rey Christian selalu menomorsatukan kualitas demi menjaga kepercayaan pelanggan.

“ Ketika situasi mendesak, misalnya harga bahan baku mahal, mungkin pemilik bisnis tergiur untuk mengganti dengan kualitas yang lebih rendah. Tetapi kami sangat menghindari hal tersebut, karena bagi kami kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga,” tambah Rey.

Istimewa© Istimewa

 

3 dari 3 halaman

Keterbukaan Terhadap Kolaborasi

Di tengah persaingan pasar yang semakin menantang, kolaborasi menjadi sebuah solusi untuk menyatukan kekuatan.

Selain berkolaborasi dengan sejumlah publik figur dan influencer ternama dalam memasarkan produknya, Martabak Pecenongan 78 juga terbuka terhadap kolaborasi bersama layanan pesan-antar makanan online, seperti airasia food.

Rey mengungkapkan brand AirAsia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu nilai tambah yang menarik Martabak Pecenongan 78 untuk bergabung sebagai mitra merchant.

“ Walaupun baru berjalan selama empat bulan, namun peran airasia food dalam mendukung bisnis kami sangatlah signifikan, terlihat dari peningkatan transaksi yang terus bergerak vertikal ke atas. Saya juga merasa sangat terbantu dengan tim merchant relations dari airasia food yang sangat komunikatif dan kooperatif dalam membantu kami,” tambah Rey.

Martabak Pecenongan 78 kini juga berpartisipasi dalam kampanye SUPER Merdeka persembahan spesial airasia food, dengan promo. Terdapat promo Gratis Ongkir dan Diskon hingga 40% selama periode 16-21 Agustus 2022 melalui airasia food di dalam aplikasi airasia Super App.

Beri Komentar