BNI Syariah Targetkan Himpun Dana Wakaf Rp20 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 21 Februari 2017 14:44
BNI Syariah Targetkan Himpun Dana Wakaf Rp20 Miliar
Ada beberapa strategi yang dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Dream – PT BNI Syariah membidik dana wakaf yang dihimpun lewat Wakaf Hasanah pada 2017 sebanyak Rp20 miliar. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono.

Imam mengatakan ada beberapa strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi yang pertama adalah memviralkan gerakan Wakaf Hasanah, gencar melakukan sosialisasi, serta memiliki public endorser dari produk wakafnya.

“ Berikutnya, kerja sama dengan forum wakaf,” kata dia dalam acara “ Melirik Wakaf sebagai Instrumen Potensial Ekonomi Syariah” di Jakarta, ditulis Selasa 21 Februari 2017.

Sekadar informasi, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) merilis situs penyaluran wakaf, yaitu wakafhasanah.bnisyariah.co.id. Platform ini memuat informasi katalog proyek yang dikelola oleh nazir dan memudahkan masyarakat untuk menyalurkan wakafnya ke proyek-proyek tersebut.

“ Dengan teknologi, nasabah bisa browsing di Wakaf Hasanah, bisa memilih project. Nanti akan diberikan rekening yang ditransfer. Nanti bisa dicek dana kumulatif yang terkumpul,” kata dia.

Sejak produk yang dirilis pada November 2016, Imam mengatakan BNI Syariah bisa mengumpulkan dana wakaf sebesar Rp3,2 miliar. Dana ini dihimpun dalam waktu tiga bulan. Hal ini berbeda dengan program wakaf yang telah dibuat BNI Syariah sejak tahun 2005. Selama 10 tahun, bank syariah ini hanya menghimpun dana wakaf tunai sebesar Rp250 juta.

“ Ini tidak menarik karena masyarakat melontarkan wakaf uang, tapi harus ke bank untuk mengurus sertifikat wakaf. Ini yang membuat bingung masyarakat,” kata dia.

Imam melanjutkan pihaknya membidik masyarakat yang perekonomiannya cukup mampu dan berpotensi menjadi wakif sebagai pasarnya. “ Dengan demikian, mereka yang berwakif otomatis menjadi target segmen kami,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar