Kiat Cepat Hilangkan Stres Saat Bekerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 Februari 2019 10:41
Kiat Cepat Hilangkan Stres Saat Bekerja
Stres kerap dialami oleh para pegawai di tempat kerja.

Dream Stres merupakan hal yang wajar dan sering terjadi bagi setiap orang, terutama karyawan. Pemicu stres bagi pegawai pun beragam.

Ada yang deadline tugas menumpuk dan menjadi momok, atasan yang suka marah-marah, sampai klien yang menggagalkan hubungan kerjanya.

Walaupun stres terlihat lumrah bagi pekerja, hal ini tidak bisa diwajari begitu saja. Stres bisa memicu beragam penyakit dalam tubuh yang bisa membahayakan nyawa.

Lalu harus bagaimana? Kamu bisa meredam stres dengan meditasi.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 10 Februari 2019, Civilized menyebut meditasi telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kecemasan, depresi, insomnia, dan dapat meningkatkan kesehatan serta vitalitas. Selain itu, cara ini dapat mengurangi efek penuaan pada otak.

Namun sayangnya banyak pekerja yang merasa tidak sempat atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermeditasi selama bekerja. Apakah kamu salah satu yang merasakan hal yang sama? Jangan risau karena ternyata, cara ini bisa dilakukan saat jam kerja tiba.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan:

1 dari 2 halaman

Lakukan Teknik Pernapasan yang Benar

Bekerja terasa begitu banyak tekanan? Ini membuatmu panik dan sulit bernapas dengan mudah? Kamu bisa bernapas dengan benar. Pernapasan ini akan membuat semuanya kembali terasa ringan.

Ada teknik pernapasan sendiri untuk menghilangkan stres yang melanda. Teknik pernapasan sederhana berikut dapat menjinakkan serangan stres yang membuat kamu sulit bernapas.

'Tarik napas dalam-dalam, tahan hingga itungan ke empat, lalu hembuskan perlahan-lahan.'

Hal ini mensirkulasi oksigen yang ada di paru-paru sehingga akan banyak udara segar yang kaya oksigen akan masuk kedalam paru-paru Anda sehingga dapat mengurangi tekanan negatif dalam diri kamu secara alami.

Kamu dapat mencoba bernapas dengan cara seperti ini selama tiga atau empat kali, karena begitu banyak yang telah membuktikan khasiat dari cara pernapasan begitu dan terbukti berhasil.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Jam Makan Siang Secara Efektif

Selain teknik bernapas di atas, meditasi juga bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu menenangkan pikiran sejenak. Makan siang merupakan cara yang tepat untuk mengistirahatkan sejenak pikiran dari beban pekerjaan.

Tapi, banyak sekali pekerja yang masih menggunakan waktu makan siangnya untuk bekerja dengan dalih agar pekerjaannya selesai lebih cepat, ternyata hal tidak benar.

Saat makan siang tiba, istirahatlah. Jangan sekali-kali kamu mengganggu waktu makan siang dengan mengerjakan tumpukan pekerjaan di meja kerja.

Keluarlah untuk makan siang di kantin, atau di tempat makan jika kamu membawa bekal. Setelah itu, jangan langsung kembali ke meja kantor.

Kamu dapat menggunakan sisa waktu istirahat makan siang dengan cara menenangkan sejenak pikiran dengan cara tidur atau bahkan hanya duduk-duduk santai di ruangan yang tersedia di kantor.

Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas karena itu ada juga untuk membantu kamu. Setelah semuanya selesai, kamu akan mendapatkan energi baru dan tumpukan pekerjaan yang ada akan terselesaikan dan semua beban pun akan hilang.


(ism, Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

 

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim