Cinta Mati dengan Indomie, 5 Negara Ini Sampai Dirikan Pabrik di Negaranya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 6 Desember 2022 13:45
Cinta Mati dengan Indomie, 5 Negara Ini Sampai Dirikan Pabrik di Negaranya
Negara yang hobi makan Indomie sebagian besar dari Afrika.

Dream – Indomie adalah salah satu brand terkenal asal Indonesia. Brand ini pun mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Dimulai dengan produk Indomie yang pertama berupa Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam yang cocok dengan selera lidah masyarakat Indonesia.

Lalu di tahun 1982, produk mi instan ini semakin berkembang dengan mengeluarkan produk Indomie Kuah Rasa Kari Ayam dan disusul dengan varian Indomie Mi Goreng tahun 1983.

Tak hanya di dalam negeri saja, mi instan yang satu ini juga populer di negara lain, baik di Asia, Eropa, Afrika, Autralia, hingga Amerika. Bahkan Indomie telah mengembangkan produknya dengan menciptakan berbagai varian yang disesuaikan dengan cita rasa di setiap negara yang ditujunya.

Indomie yang praktis, terjangkau, awet, dan lezat memang menjadi andalan bagi siapa saja. Hal ini sesuai dengan jargon Indomie yakni “ Berbeda-beda Satu Selera”. Saking populernya Indomie di negara-negara lain, bahkan ada beberapa negara yang memiliki pabrik Indomie di negaranya. Kira-kira negara apa saja?

Berikut adalah beberapa negara yang cinta mati dengan produk Indomie sampai mendirikan pabrik Indomie di negaranya sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Negara Penggemar Indomie Sampai Mendirikan Pabriknya

Nigeria

Sahabat Dream sebagai masyarakat Indonesia wajib bangga kalau negara di Afrika ini jadi salah satu penggemar Indomie. Ya, bahkan Indomie sudah menguasai pasar di Nigeria mencapai 70 persen. Angka yang sebesar itu tentu bisa dibayangkan banyaknya masyarakat Nigeria yang mengonsumsi mi instan Nusantara ini.

Dan tahukah sahabat Dream, saking cinta matinya mereka dengan Indomie, sampai-sampai ada organisasi pecinta Indomie yang dinamakan Indomie Fans Club (IFC). Indomie sendiri sudah masuk ke Afrika Barat sejak tahun 1988 dan sudah memiliki pabrik di Nigeria sejak tahun 1995. Hebat bukan?

Maroko

Negara di Afrika yang menjadi penggemar Indomie tak hanya Nigeria saja, tetapi juga Maroko. Ya, salah satu negara Arab yang berada di Afrika Utara ini juga adalah penggemar brand Indomie dari Indonesia. Tak main-main, Indomie bahkan sudah melakukan kemitraan, yakni Indo Marocco Company antara Sawaz Group (Salim grup dan Wazaran/Arab Saudi Grup) dan perusahaan lokal di Maroko LINA yang adalah milik pengusaha Abdullah Ghozy.

Pabrik indomie pun sudah berdiri di Maroko sejak Januari 2015 dan berada di Kawasan Ain Johra Industrial Estate di Tiflet. Ya, hal ini membuat pasokan Indomie di negara tersebut semakin banyak dan pastinya menjadi semakin mudah untuk didapatkan oleh masyarakat Maroko.

2 dari 3 halaman

Negara Penggemar Indomie Sampai Mendirikan Pabriknya

Arab Saudi

Tahukah sahabat Dream bahwa Arab Saudi jadi negara yang juga menjadi penikmat Indomie? Pabrik Indomie pun sudah berdiri di negara tersebut sejak bulan Oktober 1992 yang berlokasi di Jeddah. Dan hebatnya lagi, pabrik itu terus mengalami perluasan antara tahun 1996 dan 2005 yang membuktikan bahwa peminat Indomie di negara itu semakin meningkat.

Arab tak hanya memiliki satu pabrik Indomie. Ada pabrik Indomie lainnya yang berada di Dammam dan yang ketiga berada di Jeddah sebagai tempat pengolahan saus pedas dan tomat. Pabrik yang berada di Dammam pun juga dilakukan perluasan pada April 2007 dan Februari 2012.

Mesir

Beberapa negara di Afrika ternyata memiliki kecintaan yang besar pada produk Indomie. Dibuktikan lagi dengan adanya negara Mesir sebagai penikmat Indomie sejak tahun 1990-an. Tak tanggung-tanggung, pihak Indomie pun sudah menjalin kerja sama dengan Mesir sejak tahun 1997 antara pengusaha lokal Mesir Maher Abu Alata dan Wazaran Gorup.

Mesir juga mendirikan pabrik Indomie sendiri di negaranya pada 1 Oktober 2009 yang berada di Badr City, Kairo, Mesir karena menyadari bahwa permintaan produk Indomie di negara tersebut semakin mengalami peningkatan.

3 dari 3 halaman

Negara Penggemar Indomie Sampai Mendirikan Pabriknya

Ghana

Negara terakhir yang masyarakatnya juga pecinta Indomie adalah Ghana. Lagi-lagi negara Afrika, lebih tepatnya Afrika Barat yang memang memiliki konsumen Indomie yang sangat besar. Saking cintanya mereka dengan Indomie, sampai-sampai produk Nusantara ini pernah dijadikan sebagai alat transaksi seks.

Di mana remaja perempuan di Ghana menjual tubuhnya demi bisa mendapatkan Indomie sebagai pengganti uang. Benar-benar fakta yang mengejutkan ya, sahabat Dream?

Beri Komentar