CMO Wardah: Banyak Inovasi Mahasiswa Berakhir di Tugas Akhir

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 12 Oktober 2018 21:18
CMO Wardah: Banyak Inovasi Mahasiswa Berakhir di Tugas Akhir
"Hal ini yang berusaha kami fasilitasi".

Dream - Banyak orang kreatif menyerah pada ide brilian mereka karena pesimis bisa terlaksana. Rasa pesimis itu biasanya muncul karena kurangnya modal atau dukungan dari lingkungan sekitar.

Padahal, ide tersebut berpotensi mempermudah lingkungan. Hal ini diungkapkan Chief Marketing Officer (CMO) PT Paragon Technology, Salman Subakat dalam acara penutupan perayaan ulang tahun perusahaan ke-33.

" Banyak inovasi sustainable yang berakhir di tugas akhir. Hal ini yang berusaha kami fasilitasi. Mereka (mahasiswa) ingin sekali program buatannya di prototype," ujar Salman di Sasana Budaya Ganesa ITB, Bandung, Jumat 12 Oktober 2018.

Peran dukungan dalam berinovasi menunjukkan bahwa sebuah ide harus dilaksanakan dengan berkolaborasi agar bisa bersaing di era revolusi industri yang ditandai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Walaupun masih mendapat predikat negara berkembang, tapi Indonesia berhasil menaikkan peringkat dari 41 ke 36 dari 137 negara di Global Competitiveness Report 2017-2018.

Sikap kompetitif dan inovatif ini terus didorong dengan upaya berbagai pihak seperti pengusaha, komunitas, pekerja dan mahasiswa. Tidak hanya demi predikat, tapi juga pengembangan bangsa.

" Mulai dari kecil, kita harus terus berinovasi. Inovasi merupakan hal yang bersifat humanis karena hasilnya berdampak bagi lingkungan. Jadi, mulailah berinovasi sejak kecil dari hal kecil," imbuh Christopher Tobing, pendiri NusantaRun.

Perilaku inovatif ini bisa dilatih dengan cara membiarkan seseorang untuk berani dan terus bereksplorasi serta optimis sejak dini.

" Sejak lahir, seseorang sudah diberkahi naluri berinovasi. Biarkan anak-anak mencari tahu dan membuat keputusan mereka sejak kecil supaya mereka berani berinovasi serta tidak takut gagal," tutup Najeela Shihab, pendiri Gerakan Semua Murid Semua Guru.

Beri Komentar
Kenapa Dewa 19 Jarang Manggung?