Sindir Kecilnya Investasi Raja Salman, Jokowi: Cuma Guyon

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 17 April 2017 10:36
Sindir Kecilnya Investasi Raja Salman, Jokowi: Cuma Guyon
Sebelumnya, dia `curhat` perbedaan yang mencolok antara investasi Arab Saudi ketika kunjungan Raja Salman ke Indonesia dan ke Tiongkok.

Dream – Masih ingat dengan “ curhatan” Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang kecilnya investasi Arab Saudi ke Indonesia saat kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz? Jokowi menyebut keluhannya itu sebagai guyonan.

Nggak. Itu, kan, kami sampaikan dalam forum yang santai dan cair, guyonan,” kata Jokowi usai meresmikan Masjid Raya K. H. Hasyim Ash’ari, di Daan Mogot, Jakarta, dilansir dari Merdeka.com, Senin 17 April 2017.

Sekadar informasi, investasi yang ditanamkan Arab Saudi ke Indonesia sebesar Rp89 triliun. Angka ini kalah besar daripada investasi yang ditanamkan Arab Saudi ke Tiongkok yang sebesar Rp870 triliun.

Melihat dari besarnya dana itu, mantan gubernur DKI  mengatakan perbedaan jumlah investasi Arab Saudi ke Indonesia dan ke Tiongkok menjadi bahan renungan oleh semua pihak. Bisa jadi kecilnya kucuran dana ke Indonesia disebabkan oleh kepastian hukum.

“ Ya, mungkin karena hal yang banyak sekali. Kemudahan berusaha di Indonesia yang masih rangking-nya 91. Kemudian, masalah kepastian hukum yang mungkin perlu diperbaiki,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi kaget mengetahui perbedaan jumlah investasi Arab Saudi ke Indonesia saat kunjungan Raja Salman. Padahal, dia sudah memberikan layanan yang baik kepada Raja Salman. Misalnya, memayungi sang raja ketika hujan deras dan menyopiri Raja Salman ketika berkeliling Istana.

“ Saya sudah payungi, kok, dapatnya lebih kecil. Itu yang saya sedikit kecewa, sedikit, hanya sedikit,” kata mantan walikota Solo itu.

Beri Komentar