Dapat Tawaran Kerja Tapi Tak Dibayar, Harus Bagaimana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 22 November 2017 08:28
Dapat Tawaran Kerja Tapi Tak Dibayar, Harus Bagaimana?
Apalagi kalau yang menawari itu teman. Tolak nggak?

Dream – Sahabat Dream, teman dekat terkadang meminta tolong untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Pekerjaan yang juga bisa memakan waktu lama.

Sayangnya, Anda tidak dibayar untuk mengerjakan pekerjaan ini. Harus gimana, nih?

Dilansir dari The Muse, Rabu 22 November 2017, kalau teman meminta rasanya ada rasa gimana gitu

Ada empat langkah yang bisa dilakukan untuk menolak permintaan teman Sahabat Dream. Yang pertama, asumsikan temanmu punya niat yang baik. Ini dalam arti teman bermaksud akan membayar Anda nantinya —walaupun dia mengatakan pekerjaan ini tidak dibayar. Jika tertarik, katakanlah, " Saya senang bisa membantu."

Kedua jika keberatan, jangan sungkan untuk mengatakan tidak. Ini akan mempertegas kamu tak mau menerima pekerjaan yang tidak dibayar.

Langkah ketiga menawarkan alternatif. Sahabat Dream boleh-boleh saja menawarkan alternatif pengganti kepada teman. Misalnya, ada orang lain yang bersedia mengerjakan pekerjaan ini tanpa dibayar.

Tiga langkah ini akan membuat hubungan Anda dan teman sama-sama enak. Tak ada pihak yang merasa terluka. Selain itu, langkah-langkah ini juga menunjukkan kamu orang perhatian, tapi tidak bisa menerima pekerjaan yang tidak dibayar. (ism) 

Beri Komentar