Demi Tanaman Hias, Pria di Garut Rela Barter Rumah Serharga Rp500 Juta

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 13 Januari 2021 09:41
Demi Tanaman Hias, Pria di Garut Rela Barter Rumah Serharga Rp500 Juta
Cerita yang dianggap 'gila' oleh sebagian orang itu, malah menjadi perbincangan hangat warga Garut.

Dream - Sejumlah tanaman hias saat ini memang tengah menjadi primadona bagi para pecintanya. Bagi sebagian orang, akan berpikir ulang apabila harus membeli tanaman menggunakan sebuah rumah. Namun tidak bagi pria asal Garut, Jawa Barat ini.

Hidmat Syamsudin, warga Kecamatan Tarongong Kidul, Kabupaten Garut rela melakukan hal itu. Beberapa hari lalu, ia menukarkan rumah pribadinya seharga Rp500 juta untuk puluhan tanaman hias.

Cerita yang dianggap 'gila' oleh sebagian orang itu, malah menjadi perbincangan hangat warga Garut. Bagaimana tidak, demi tanam hias Hidmat rela menukarkan rumahnya.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari merdeka.com, saat dihubungi pada Selasa, 12 Januari 2021, Hidmat mengaku bahwa apa yang dilakukannya merupakan barter investasi.

" Iya, lebih ke barter investasi," kata Hidmat.

Rumahnya, diungkapkan Hidmat, dibarter dengan sekitar 40 jenis tanaman hias dengan seorang penjual tanaman di Depok.

" Ada sekitar 40 tanaman di barter dengan rumah. Baru beberapa hari kemarin lah," tuturnya.

Sumber: merdeka.com

 

2 dari 4 halaman

Terkuak Alasan Pemilik Rela Tukar Mobil Avanza dengan Tanaman Hias

Dream - Transaksi barter mobil dengan tanaman hias sempat membuat heboh media sosial setelah diunggah di akun @medsoskediri. Transaksi itu disebutkan terjadi di Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Si pemilik mobil Toyota Avanza rela menukar dengan beberapa tanaman hias. Belakangan diketahui pemilik mobil tersebut bernama Iqbal Akbar Mohammad.

Iqbal membenarkan adanya transaksi barter mobil dengan tanaman hias. Dia menegaskan hal itu bukan rekayasa.

" Iya, memang benar itu, saya tukarkan mobil Avanza saya dengan 3 tanaman," ujar Iqbal, dikutip dari Agtvnews.com.

3 dari 4 halaman

Bergantung Kesepakatan

Iqbal mengatakan, saat ini tanaman hias sedang jadi primadona. Bahkan untuk jenis tertentu, harga melejit.

" Karena ada beberapa jenis di Indonesia yang banyak juga disuka oleh pasar luar negeri," kata dia.

Bagi Iqbal yang memiliki usaha tanaman hias Akbar Garden, merawat tanaman hias adalah seni yang tidak bisa diukur dengan uang. Sehingga tidak ada standar baku terkait nilai jual suatu tanaman.

" Kalau kita sudah suka, berapapun pasti akan beli. Sebaliknya, belum tentu kita punya uang banyak, kita bisa membeli tanaman yang kita suka," terang dia.

Iqbal melanjutkan nominal harga sebuah tanaman sepenuhnya ditentukan oleh kesepakatan antara penjual dan pembeli. " Jadi berapa kisarannya, kita tidak bisa memastikan," ucap dia.

4 dari 4 halaman

Permintaan Pemilik Tanaman

Terkait barter mobil yang dia lakukan, Iqbal mengatakan itu terjadi karena pemilik tanaman menghendakinya. Pemilik tanaman meminta agar ditukar dengan mobil.

" Karena inginnya mobil, ya kita sanggupi untuk menukarnya dengan mobil," kata dia.

Dari barter tersebut, Iqbal mendapatkan empat jenis tanaman hias yaitu Philodendron Florida Beauty, Strawberry Shake Variegata, Caramel Marble Variegata serta dari jenis Caladium. Sementara, nilai mobil milik Iqbal sendiri ada di kisaran Rp100 juta.

" Nilai tersebut memang sebanding dengan nilai tanaman yang masuk ke dalam tanaman langka dan berkelas internasional," ucap dia.

Beri Komentar