CONNECT WITH US!

Bos yang Sukses Pantang Lakukan Satu Hal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Rabu, 11 Juli 2018 08:15
Ada, Lho, Tantangan Terbesar Yang Dihadapi Orang-orang Yang Baru Diangkat Menjadi Bos.
Bukan tanggung jawab perusahaan yang besar, melainkan....

Dream – Ketika seseorang diangkat menjadi pimpinan perusahaan, ada satu hal yang harus dihadapinya. Dan satu hal itu akan menjadi tantangan terbesarnya selama menjadi orang nomor satu.

“ Yang menjadi tantangan terbesar adalah tidak selalu menang,” kata pakar karier, Marshall Goldsmith, dikutip dari Business Insider, Rabu 11 Juli 2018.

Marshall menambahkan, seorang CEO juga dituntut tidak selalu merasa benar dan tidak menyombongkan kepintarannya di depan para karyawan.

Terdengar sulit, ya? Goldsmith mengatakan orang-orang sukses cenderung mengenyam pendidikan tinggi dan telah mencapai sebagian besar tujuan hidupnya. Mereka juga merasa harus membuktikan seberapa cerdas di depan orang-orang.

Masalahnya, saat dia mencapai posisi puncak, keinginan untuk memperlihatkan kehebatan itu harus dihentikan .

" Kamu harus berhenti melakukan itu,” kata dia.

Pimpinan The Sinkretics Group—perusahaan konsultan kepemimpinan—Dennis Perkins, juga sepakat dengan pendapat tersebut. Perkins mengatakan orang yang ditunjuk sebagai pemimpin, mungkin memiliki banyak keahlian teknis. Tapi, kecerdasan mereka tidak cukup untuk mendorong mereka ke puncak karier.

Studi psikologi yang diterbitkan oleh Journal Applied Psychology menyebutkan kecerdasan memang membuat orang sukses berhasil, tapi hanya sampai titik tertentu.

“ Para pemimpin harus mampu melangkah mundur untuk mendelegasikan, membiarkan orang lain berbuat salah, dan membimbingnya untuk menyelesaikan masalah,” kata dia.

Goldsmith mengatakan pemimpin juga sebaiknya berinteraksi dengan karyawan. Misalnya, mendengarkan masukan dari bawahan serta mengajarinya hal-hal yang bermanfaat bagi karier dan bisnis.

“ Itu adalah salah satu tantangan terbesar dari semua pemimpin yang saya latih,” kata dia.

(Sah)

#MovieTalks - 22 Menit, Film Kisah Nyata