Doa Sapu Jagat, Waktu Mustajab Membacanya dan Berbagai Keutamaan yang Didapatkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 3 Januari 2022 14:36
Doa Sapu Jagat, Waktu Mustajab Membacanya dan Berbagai Keutamaan yang Didapatkan
Doa sapu jagat tak hanya memohon kebaikan di dunia saja, tetapi juga di akhirat.

Dream – Dalam Islam ada banyak sekali doa yang dianjurkan untuk dibaca muslim dan muslimah. Setiap doa memiliki permohonan dan tentunya membawa keutamaan bagi orang yang sering membacanya. Salah satu dari sekian banyak doa yang dianjurkan untuk membacanya adalah doa sapu jagat.

Sesuai namanya, doa sapu jagat merupakan permohonan atas segala keinginan setiap orang dan umumnya sudah banyak diketahui oleh umat Islam. Mereka kebanyakan membaca doa sapu jagat setelah menjalankan sholat.

Doa sapu jagat sendiri adalah doa yang ditujukan untuk kebaikan secara umum, baik di dunia maupun akhirat, meskipun bacaannya tergolong pendek. Selain itu, doa sapu jagat juga sangatlah lengkap. Di dalamnya terdapat permohonan untuk keberuntungan, kesehatan, rezeki, keamanan, dan masih banyak lagi. Bahkan Nabi Muhammad saw sering membaca doa ini yang menunjukkan betapa pentingnya membaca doa sapu jagat.

Dengan membaca doa sapu jagat, juga menunjukkan akan ketakwaan dan keimanan pada Allah SWT. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu membacanya di mana pun kamu berada, terutama setelah menjalankan sholat.

Berikut adalah bacaan doa sapu jagat, waktu yang mustajab untuk membacanya, dan berbagai keutamaannya, sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sapu Jagat

Bacaan Doa Sapu Jagat© Freepik.com

Betapa pentingnya doa sapu jagat untuk dibaca, hal ini dibuktikan melalui kesaksian dari para sahabat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw kerap membaca doa ini. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

عنأنسقالكانأكثردعاءالنبيصلىاللهعليهوسلماللهمربناآتنافيالدنياحسنةوفيالآخرةحسنةوقناعذابالنار

Artinya: Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār,’’” (HR Bukhari dan Muslim).

Bahkan doa sapu jagat ini pun juga ada dalam firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 201 yang bunyinya sebagai berikut:

وَمِنْهُمْمَّنْيَّقُوْلُرَبَّنَآاٰتِنَافِىالدُّنْيَاحَسَنَةًوَّفِىالْاٰخِرَةِحَسَنَةًوَّقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Artinya: Dan di antara mereka ada yang berdoa, “ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201).

Dan inilah doa sapu jagat yang dianjurkan untuk dibaca oleh setiap umat Islam: 

رَبَّنَاآتِنَافِيالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِيالْآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār.

Artinya: “ Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

2 dari 3 halaman

Waktu Paling Mustajab untuk Membaca Doa Sapu Jagat

Meskipun doa sapu jagat bisa sahabat Dream baca kapan saja, namun ada waktu-waktu yang paling mustajab untuk membacanya. Berikut adalah waktu-waktu yang bisa sahabat Dream gunakan untuk membaca doa sapu jagat seperti dikutip melalui Merdeka.com:

Antara Azan dan Iqamah

Waktu yang paling mustajab untuk membaca doa sapu jagat adalah antara azan dan iqamah. Setelah sahabat Dream selesai membaca doa azan, maka bisa dilanjutkan untuk membaca doa sapu jagat. Di mana kamu bisa memohon akan keselamatan, baik di dunia maupun akhirat, serta mohon perlindungan dari Allah SWT.

Setelah Melakukan Sholat Fardhu

Inilah waktu yang biasanya digunakan oleh umat Islam untuk membaca doa sapu jagat. Karena di waktu inilah yang paling mustajab untuk membacanya. Selain memanjatkan doa-doa untuk menyampaikan apa yang menjadi harapanmu, jangan lupa juga turut membaca doa sapu jagat.

Setelah Sholat Sunah pada Sepertiga Malam

Waktu mustajab lainnya untuk membaca doa sapu jagat adalah setelah sholat sunah pada sepertiga malam. Ketika sahabat Dream sudah selesai menjalankan sholat malam, misalnya saja sholat tahajud, sholat hajat, maupun sholat sunah lainnya, maka bisa dilanjutkan untuk membaca doa sapu jagat. Sholat tersebut dilakukan sekitar pukul satu dini hari, sebelum datangnya sholat subuh.

Malam Lailatul Qadar

Selain itu, sahabat Dream juga bisa membaca doa sapu jagat pada malam lailatul qadar. Di mana malam ini adalah malam yang sangat baik dan setiap umat Islam biasanya selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan keistimewaan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan.

Nah, sahabat Dream bisa menjalankan i’tikaf di masjid sembari berzikir dan tadarus. Lalu bacalah doa sapu jagat untuk keselamatan selama di dunia dan juga di akhirat kelak.

Malam ke-23 Bulan Ramadan

Selain di malam lailatul qadar, waktu mustajab untuk membaca doa sapu jagat adalah pada malam ke-23 bulan Ramadan. Hal ini karena di malam ke-23 bulan Ramadan ada banyak sekali berkah yang diberikan oleh Allah SWT. Jadi, sahabat Dream jangan sampai lupa untuk membaca doa sapu jagat.

 

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Sapu Jagat

 

Keutamaan Membaca Doa Sapu Jagat© Freepik.com

 

Meskipun doa sapu jagat ini tidakah panjang, namun ketika sahabat Dream selalu membacanya, hal ini bisa mendatangkan banyak sekali keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa sapu jagat seperti dikutip melalui Merdeka.com:

Doa yang Disukai Nabi Muhammad saw

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Nabi Muhammad saw sering sekali membaca doa sapu jagat yang menunjukkan betapa beliau sangat menyukai doa tersebut. Bahkan hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Aisyah ra berikut ini:

Rasulullah saw menyukai doa-doa yang singkat dan padat maknanya, dan meninggalkan selain itu.”

Memohon Kebaikan di Dunia

Selama hidup di dunia, ada banyak sekali hal buruk yang dihadapi oleh manusia. Oleh karena itu, penting sekali untuk melindungi diri dengan berdoa. Salah satunya dengan membaca doa sapu jagat agar dihindarkan dari segala keburukan yang terjadi di dunia.

Doa sapu jagat inilah yang menjadi momen seorang hamba untuk memohon pada Allah SWT akan kehidupan yang sesuai dengan ketetapan-Nya, walaupun ada berbagai ujian yang akan terjadi.

Memohon Kebaikan di Akhirat

Kehidupan yang dialami oleh manusia tidak hanya sebatas di dunia saja. Tetapi juga akan mengalami kehidupan abadi di akhirat kelak. Nah, untuk memohon kehidupan yang baik ketika di akhirat, maka sahabat Dream penting untuk membaca doa sapu jagat.

Terlindung dari Api Neraka

Setiap orang tentunya tidak ingin masuk neraka bukan? Oleh karena itu, perbanyaklah melakukan hal-hal yang baik dan tentu saja melakukan segala sesuatu yang diperintahkan Allah SWT, seperti halnya berdoa. Dengan membaca doa sapu jagat, sahabat Dream bisa memohon perlindungan dari Allah SWT agar dihindarkan dari panasnya api neraka.

Beri Komentar