FRLN Digelar, Para Ahli Dorong Produk Farmasi Terjangkau

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 25 Agustus 2016 16:25
FRLN Digelar, Para Ahli Dorong Produk Farmasi Terjangkau
Forum Riset Life Science ini berharap agar lahir produk biofarmasetikal yang dijual dengan harga terjangkau.

Dream – Forum Riset Life Science Nasional (FRLN) kembali digelar. Tujuannya untuk meningkatkan mempercepat hililirasi dan komersialisasi produk life science, termasuk produk farmasi.

“ Ini merupakan bagian dukungan terhadap Inpres No. 6 Tahun 2016 yang menyebut pemerintah mendorong pengembangan biofarmasetikal,” kata Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Iskandar, di Jakarta, Kamis 25 Agustus 2016.

Iskandar menjelaskan, forum ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pengembangan berstandar internasional, meningkatkan sinergi riset bidang life science antara pemerintah, perguruan tinggi, industri, dan komunitas pendukung, serta mempercepat hilirisasi dan komersialisasi produk life science karya anak bangsa.

" Termasuk didalamnya penguasaan teknologi dan inovasi bidang farmasi dan alat kesehatan, sehingga kemandirian bangsa bidang farmasi dan alat kesehatan dapat tercapai," kata dia.

Acara yang mengusung tema “ Hilirisasi Hasil Riset Nasional Bidang Life Science untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Bangsa” ini akan mendorong tersedianya produk biofarmasetikal dengan harga yang terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia.

Riset science yang bersifat inovatif dan implementatif ini memiliki banyak tantangan sehingga diperlukan program yang dibuat para stakeholder agar peneliti bisa meningkatkan kemandirian penelitiannya.

“ (Ini bertujuan agar) tujuan hilirisasi dan komersialisasi produk life Science dapat diperoleh sesuai waktu yang ditetapkan," kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik