Edukasi Finansial Anak Muda Indonesia Lewat Cara Menyenangkan Ini

Reporter : Putu Monik Arindasari
Sabtu, 21 Agustus 2021 16:25
Edukasi Finansial Anak Muda Indonesia Lewat Cara Menyenangkan Ini
Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, bluMusical bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan.

Dream - Survey terbuka yang dilakukan tim BCA Digital pada awal Agustus 2021 menerangkan bahwa sebanyak 61% responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan, namun tidak bisa menjelaskan atau menerapkan praktiknya dengan baik dalam keseharian.

Sementara itu, 34% lainnya mengaku bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan. Hal tersebut membuat PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menayangkan perdana acara musikal yang bertajuk bluMusical di kanal media sosial Youtube dan Instagram pada 17 Agustus 2021.

bluMusical menyelipkan banyak pengetahuan seputar finansial dan memperkenalkan tools dalam aplikasi blu yang dapat memudahkan perencanaan keuangan.

Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, bluMusical bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan.

1 dari 3 halaman

Penuh dengan Pesan Penyemangat

Musikal ini juga penuh dengan pesan-pesan penyemangat dan inspiratif, yang mengajak penonton untuk memulai langkah demi mencapai tujuanhidupnya dengan semangat #YangPentingLakuin.

bluMusical diawali dengan 10 anak muda dari berbagai latar belakang, yang memiliki beragam mimpi dan cita-cit. Seperti impian menabung untuk bersekolah S2, membuka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk ayahnya.

BCA Digital Persembahkan bluMusical

Melihat anak muda yang bingung harus mulai dari mana, Yura kemudian masuk dengan semangat lalu berbagai tips-tips menarik dan bantuan melalui aplikasi mobile banking blu.

Tak sendirian, pelantun lagu 'Intuisi' itu juga mengajak beberapa ikon anak muda inspiratif untuk berbagi pengalaman. Seperti Jehian Panangian Sijabat yang merupakan CEO Menantea, CEO Ternak, Raymond Chin dan Eva Alicia sebagai pelukis, content creator, sekaligus pengusaha muda.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi dari Isu Sehari-hari

Menurut Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, inspirasi penulisan naskah musikal ini berangkat dari isu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

" Kami mengambil sudut pandang yang berbeda-beda untuk 10 tokoh milenial yang akan berpetualang di zona blu. Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu, dengan fitur-fiturnya, dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan,” ujar Nurul.

Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital mengatakan bahwa BCA berharap dapat terus mengedukasi para nasabah dengan dengan pendekatan yang lebih menyenangkan tentang literasi finansial, sekaligus memperkenalkan berbagai fitur dalam aplikasi perbankan blu yang bisa membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih baik, agar bisa mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

" Dengan semangat perayaan kemerdekaan HUT RI ke-76, kami ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk memulai langkah mereka, dan menjadikan blu sebagai aplikasi mobile banking kesayangan mereka untuk tumbuh bersama menemani proses dan progres kehidupan mereka,” ungkap Lanny Budiati

3 dari 3 halaman

Di Balik Konsep Kreatif bluMusical

Setelah mengumpulkan insight dari media sosial dan merangkai cerita, tim kreatif bluMusical menciptakan sebuah naskah, yang dikembangkan lagi bersama komunitas seni pertunjukan pemuda Jakarta Movin dalam bentuk musik, tarian, tata artistik, dan treatment kamera.

Musik dalam musikal ini merupakan pengembangan dari bluAnthem yang berjudul 'Mulai Langkahmu'. 'Mulai Langkahmu' dinyanyikan berkolaborasi bersama Yura Yunita. Lagu ini menjadi tema kampanye besar peluncuran blu, dan kini dikembangkan menjadi sebuah drama musikal yang lebih kaya makna dan relevan dengan target segmen yang dituju.

Proses kreatif ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Proses berikutnya adalah proses staging dan rehearsal, dimana konsep final ditransfer kepada talent-talent yang akan menghidupi cerita, tokoh dan setting dari cerita bluMusical #MulaiLangkahmu.

Tayangan perdana bluMusical #MulaiLangkahmu mendapatkan sambutan yang hangat dari penonton yang mayoritas merupakan generasi muda. Di puncak acara, video bluMusical telah ditonton sebanyak lebih dari 150.000 kali di berbagai platform media sosial.

Beri Komentar