Kaya Mendadak, Kuli Temukan Batu Safir Rp1,4 T Saat Gali Sumur di Belakang Rumah

Reporter : Sugiono
Jumat, 30 Juli 2021 13:14
Kaya Mendadak, Kuli Temukan Batu Safir Rp1,4 T Saat Gali Sumur di Belakang Rumah
Jika ditaksir, nilainya mencapai 2,5 juta karat atau setara Rp1,4 triliun.

Dream - Para kuli bangunan yang sedang menggali sumur secara tidak sengaja menemukan bongkahan batu safir raksasa.

Batu safir yang diberi nama Batu Keberuntungan ini bernilai lebih dari US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.

Bongkahan batu berharga tersebut ditemukan saat mereka menggali sumur di belakang sebuah rumah di Ratnapura, Sri Lanka.

1 dari 5 halaman

Pemilik rumah yang kebetulan seorang pedagang permata, sangat senang dengan penemuan bongkahan batu safir raksasa tersebut.

Batu berwarna biru pucat tersebut memiliki berat 510 kilogram. Jika ditaksir, batu safir raksasa itu bernilai 2,5 juta karat.

Heboh penemuan batu safir senilai Rp1,4 triliun di belakang rumah.© Cuplikan Video YouTube

" Orang yang menggali sumur memberi tahu tentang penemuan batu aneh. Saat digali lebih dalam kami menemukan spesimen raksasa ini," kata pemilik rumah yang hanya ingin dipanggil Gamage.

2 dari 5 halaman

Pria yang merupakan pedagang permata generasi ketiga ini sengaja tidak memberikan nama lengkap atau lokasi rumahnya demi alasan keamanan.

Batu safir terbesar di dunia.© Cuplikan Video YouTube

Gamage segera memberi tahu pihak berwenang tentang penemuan itu. Tetapi butuh lebih dari satu tahun untuk membersihkannya dari lumpur dan kotoran lainnya.

Selama proses pembersihan, sebagian dari batu aneh tersebut rontok. Saat diteliti, ternyata rontokan tersebut adalah batu safir bintang berkualitas tinggi.

3 dari 5 halaman

Sementara itu, seorang ahli mengaku baru pertama kali itu dia melihat batu mulia sebesar dan seindah itu.

" Saya belum pernah melihat spesimen sebesar itu sebelumnya. Ini mungkin terbentuk sekitar 400 juta tahun yang lalu," ujar Dr Gamini Zoysa, ahli permata terkenal di Sri Lanka.

Sayangnya, meski spesimen itu memiliki nilai karat yang tinggi, sebagian ahli meragukan semua batu yang ada di dalamnya berkualitas tinggi.

4 dari 5 halaman

Para pelaku industri batu berharga berharap 'Batu Keberuntungan' akan menggairahkan pasar yang sebelumnya sempat surut akibat pandemi Covid-19.

" Ini adalah spesimen safir bintang langka, mungkin yang terbesar di dunia. Mengingat ukuran dan nilainya, ini akan menarik minat kolektor pribadi atau museum," kata Thilak Weerasinghe, Ketua Otoritas Permata dan Perhiasan Nasional Sri Lanka.

Sumber: BBC

5 dari 5 halaman

Beri Komentar