Bank Tertua Milik Raja Thailand Jadi Investor Gojek?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 10 Juli 2019 19:15
Bank Tertua Milik Raja Thailand Jadi Investor Gojek?
Berapa besarnya?

Dream – Kantong perusahaan penyedia jasa Gojek makin tebal saja. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) dikabarkan telah mendapatkan investasi jumbo dari salah satu bank Thailand, Siam Commercial Bank Pcl.

Bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Maharaja Vajiralongkorn yang merupakan raja Thailand itu menyuntikkan dana untuk membantu layanan keuangan Gojek di Indonesia.

Dikutip dari Deal Street Asia, Rabu 10 Juli 2019, sumber Bloomberg tak menyebutkan jumlah dana yang dikucurkan kepada Gojek. Siam Commercial Bank akan mengandalkan transaksi online untuk menggenjot pendapatan.

Bank-bank Asia Tenggara semakin bekerja sama dengan pemain bisnis teknologi yang masuk ke wilayah mereka.

Grab, salah satu pesaing terkuat Gojek, sebelumnya mendapatkan investasi senilai US$50 juta (Rp705,27 miliar) dari Kasikonbank Pcl Thailand. Investasi dari bank Thailand ini bertujuan untuk membuat “ dompet digital bersama”.

Sekadar informasi, Siam Commercial Bank merupakan bank investasi tertua di Thailand. Bank ini jadi pihak terbaru untuk bergabung dalam investasi putara seri-F Gojek.

Perwakilan bank dan Gojek enggan berkomentar tentang kabar suntikan dana ini.

Mengutip data situs perusahaan Siam Commercial Bank, Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun diketahui merupakan pemilik 23,35 persen saham bank tertua di Thailand tersebut. Bank ini telah berdiri sejak 1906.

Gojek sendiri telah mengantongi investasi senilai US$1 miliar (Rp14,1 triliun) dari pendanaan putaran pertama. Pihak-pihak yang tergabung dalam sesi ini adalah Google Alphabet, JD.com, Tencent Holdings, dan Capital Provident.

Pada minggu ini, Gojek mengumumkan investasi tambahan dari Mitsubishi Motors Corp, Mitsubishi Corp, dan Mitsubishi UFJ Lease and Finance Co sebagai pembiayaan seri F.

Perusahaan yang digawangi oleh Nadiem Makarim ini menjadi booming pada 2015 dan kini melayani konsumen di seluruh Asia Tenggara. Kini, Gojek bernilai US$10 miliar (Rp141,05 triliun). Layanan yang diberikan bervariasi, mulai dari ojek online sampai pengiriman barang. 

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 3 - 4G: Gercep - Gila - Gubrak - Go