Guru Mendadak Jadi Miliarder Usai Bantu Teman

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 7 Agustus 2019 14:47
Guru Mendadak Jadi Miliarder Usai Bantu Teman
Berawal dari membantu teman memberi les tambahan.

Dream - Seorang guru di India mendadak jadi miliarder. Garis tangan mengubahnya menjadi seorang pria tajir setelah dia memutuskan mengembangkan sebuah aplikasi.

Mengutip laman abcnews.go, Rabu, 7 Agustus 2019, miliarder baru tersebut bernama Byju Raveendran.

Perjalanannya menjadi seorang miliarder terjadi secara tak sengaja. Raveendran menceritakan pernah membantu seorang teman yang tengah kebingungan menghadapi ujian siswa yang sangat kompetitif.

" Berawal saat saya membantu teman untuk mengatasi ujian yang sangat kompetitif lalu berkembang menjadi workshop untuk 100 siswa dan kemudian bertambah menjadi sesi untuk 20 ribu siswa," ujar Raveendran.

Dia lalu memutuskan untuk mendirikan perusahaan Thin and Learn Private Ltd yang dirancang untuk menawankan sistem pembelajaran online di tahun 2011.

 

 

1 dari 2 halaman

Nasib Berubah 4 Tahun Kemudia

Empat tahun kemudian Raveendran mulai memperkenalkan sebuah aplikasi bernama BYJU'S-The Learning App.

Dikutip dari situs perusahaan, aplikasi ini dirancang sebagai solusi pembelajaran personal bagi siswa dan mereka yang tengah menghadapi ujian. Saat ini situs tersebut sudah memiliki 35 juta pengguna dan 2,7 pengguna berbayar.

" Di antara para siswa, pembelajaran berbasis memori lebih banyak didorong oleh rasa takut akan ujian daripada kecintaan untuk belajar," kata Raveendran kepada ABC.

" Kami ingin menanamkan cinta untuk studi mereka melalui penggunaan teknologi."

 

2 dari 2 halaman

Langkah Awal Jadi Miliarder

Perkembangan perusahaan semakin pesat setelah mendapat suntikan dana sekitar U$ 150 juta bulan ini. Modal tersebut mendorong nilai perusahaan melesat menjadi U$ 5,7 miliar, menurut Bloomberg .

Raveendran sendiri memiliki lebih dari 21 persen saham perusahaan, yang membuatnya dianggap layak masuk daftar miliarder.

Raveendran tumbuh di sebuah kota kecil di negara bagian Kerala, India selatan dan dilatih sebagai insinyur, kata perusahaan itu kepada ABC News.

Dia datang ke mengajar secara kebetulan, ketika membantu teman-temannya membuatnya berpikir tentang bagaimana siswa belajar konsep.

" Gagasan utama di balik memulai BYJU adalah membuat pembelajaran dapat diakses, efektif, menarik dan dipersonalisasi untuk semua orang," katanya.

Raveendran bergabung dengan jajaran milyarder muda India lainnya seperti pengecer online pendiri Flipkart Binny Bansal dan Sachin Bansal dan Vijay Shekhar Sharma, pendiri perusahaan pembayaran digital Paytm.

(Sah, Sumber: ABCNews.go.com)

Beri Komentar