Viral! Pelanggan Bayar Mie Seharga Rp2 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 November 2019 07:29
Viral! Pelanggan Bayar Mie Seharga Rp2 Miliar
Mie yang harganya mahal itu menjadi pembicaraan warganet.

Dream – Pemilik warung mie ini kaget bukan kepalang. Dia mendapati pendapatan jualan mie melonjak hingga senilai miliaran rupiah pada hari kedua dia merintis bisnis.

Dikutip dari Shanghaiist, Minggu 10 November 2019, pemilik usaha yang tak disebutkan namanya ini terbelalak ketika melihat angka pendapatannya.

Dikatakan, pembayaran ini berasal dari pembayaran satu pesanan senilai 1.001.264 (Rp2,01 miliar).

 Mie mahal?

Padahal, harga semangkok mie senilai 19 yuan (Rp38.026). Pemilik kedai mie di Zhejiang, Tiongkok, ini melihat sebenarnya harganya hanya 85 yuan (Rp170.923).

Pembayaran satu pesanan ini juga disertai dengan pendaftaran keanggotaan senilai 100 yuan (Rp201.806). Sang pemilik bersama suami berpikir itu pasti ada kesalahan.

1 dari 7 halaman

Dikembalikan

Kepada reporter, dia memberi tahu bahwa orang yang membayar dengan harga jumbo membayar 1 porsi bagi diri sendiri dan 1 porsi untuk 3 temannya.

Pemilik juga mengaku telah mengembalikan uangnya dan memberi tahu pelanggan tentang kesalahan pembayaran.

Cerita ini viral di jejaring social Tiongkok, Weibo. Warganet sedikit skeptis tentang cerita itu.

Mereka mempertanyakan bank atau platform apa yang digunakan untuk transfer uang dengan nilai yang sangat besar.

Warganet lainnya juga penasaran apa yang dilakukan oleh pemilik warung makan untuk membuat kisah kedai mie 1 juta yuan. 

2 dari 7 halaman

Dream – Anggur yang satu ini bukan sembarang buah. Harganya pun lebih tinggi dari yang lain. Harga satu tandan anggun ini dijual setara satu unit sepeda motor.

Dikutip Japan Times, Senin 15 Juli 2019, anggur mahal itu adalah buah varietas Ruby Roman. Buah itu dikembangkan oleh pemerintah Perfektur Ishikawa, Jepang. Buah ini sangat juicy dengan sedikit asam dan kandungan gula yang tinggi. Setiap buahnya seberat lebih dari 20 gram.

Buah anggur merah ini menjadi yang termahal setelah varietas itu muncul ke pasar sejak 12 tahun yang lalu.

“ Kami menawarkan anggur senilai 1,2 juta yen untuk menandai 12 tahun (kelahiran varietas ini) dan merayakan lelang pertama zaman Reiwa,” kata Takashi Hosokawa.

Hosokawa merupakan manajer Ryokan (penginapan tradisional Jepang). Dia membeli anggur itu dari pedagang grosir di Jepang.

“ Kami ingin menyampaikan kegembiraan ketika memegang anggur,” Hosokawa.

" Kami ingin menyampaikan kepada para pelanggan tentang kegembiraan kami ketika kami memegang (kotak) anggur," tambah Hosokawa.

Sekadar informasi, ada 26 ribu tandan anggur Ruby Roman yang akan dikirimkan pada September ini, menurut Koperasi Pertanian JA Zennoh di Ishikawa. Sempat muncul kekhawatiran tentang kualitas anggur karena cuaca buruk. Tapi, kecemasan ini hilang karena suhunya mulai naik awal bulan ini.

3 dari 7 halaman

Anggur Mahal, Sekali Beli Habis Uang Buat Beli Rumah

Dream – Buah melon susu jepang menjadi favorit ibu rumah tangga. Melon ini memiliki rasa yang manis dan beraroma susu.

Tak heran harganya 5-6 kali lebih mahal daripada buah domestik di Vietnam.

Dikutip dari Zing, Sabtu 15 Juni 2918, buah ini ngehits di Vietnam. Selain punya aroma yang unik, kualitas dan aturan penanamannya tidak boleh main-main

Buah melon susu ini juga dikenal sebagai melon putih karena warnanya juga putih. Di pasar, harganya mencapai 200 ribu—300 ribu Dong atau sekitar Rp122.776-Rp184.186.

 

 

Malah, beberapa toko menjualnya dengan harga 299 ribu dong—500 ribu Dong sekitar Rp183.550—Rp306.940. Harga itu mengikuti ukuran dari buah tersebut.

Melon berukuran kecil biasanya berbobot 700-800 gram. Yang berukuran besar berbobot 1 kg—2 kg.

Mahal juga, ya?

4 dari 7 halaman

Melon Termahal, Sebutir Dijual Rp300 Ribu

Salah seorang konsimen, Ngan, mengaku membeli dua melon kecil seharga 200 ribu dong per kg. Wanita yang tinggal di Long Bien, Hanoi, Vietnam, ini terkejut dengan rasanya yang unik.

Ngan mengatakan melon itu bisa dinikmati dengan dipotong seperti bisa, dijus, atau dijadikan minuman lainnya.

Berdasarkan beberapa penjual, melon susu jepang dikirm ke Vietnam dengan kotak yang mewah. Tak jarang, buah ini diberikan sebagai hadiah. (Sah)

5 dari 7 halaman

Dikemas dengan Kotak Mewah

Dream – Sebuah durian laku dengan harga sangat mahal di suatu pelelangan di Thailand. Harganya menembus 1,5 juta baht, atau sekitar Rp683 juta.

Dikutip dari Next Shark, Selasa 11 Juni 2019, durian itu merupakan varietas Kanyao. Buah dengan kulit berduri ini dilelang saat Festival King of Durian. Buah yang satu ini memikat para orang tajir.

Durian ini memiliki delapan biji dan berwarna merah atau emas pada dagingnya.

Durian tersebut dilepas dengan harga minimal 20 ribu baht, sekitar Rp9 juta. Buah itu dipetik dari pertanian Pa Toi Lung Mu sehari sebelum dilelang.

Durian spesies lainnya, seperti Monthong dan Kop Med Tao juga tak kalah mahal. Dua jenis ini laku senilai 300 ribu baht, atau sekitar Rp136 juta.

Durian kanyao ini terkenal akan rasanya yang manis dan teksturnya yang creamy. Buah itu berasal dari Nonthaburi, Thailand.

Pada 2011, banjir bandang menyapu perkebunan durian di provinsi tersebut. Agar jenis ini terselamatkan, durian itu ditanam di provinsi-provinsi lainnya.

Dikatakan bahwa beberapa pertanian membatasi produksi durian kanyao sebanyak 3-4 buah per pohon. Tujuannya agar kandungan gula dan nutrisinya terjaga.

6 dari 7 halaman

Buah yang Spesial

Pemilik pertanian Maliwan, Han Chai Thai, mengatakan durian kanyao adalah buah yang spesial. Dia jua tak menjelaskan varietas satu ini bisa terjual dengan harga sangat mahal.

“ Saya memperkirakan laku 1 juta baht (Rp455,44 juta). Kalau laku di atas (harga), itu sangat bagus,” kata Han Chai Thai.

Pria ini berharap penawar tertinggi bisa menikmati buah durian. “ Varietas ini merupakan yang terlezat di dunia dan kami akan tetap menumbuhkannya,” kata Han Chai Thai.

 

7 dari 7 halaman

Siapa Pembelinya?

Yang menjadi penawar tertinggi di pelelangan durian adalah seorang pengusaha lokal. Harian South China Morning Post mengatakan pemenang memuji durian kanyao sebagai buah yang memiliki bentuk dan ukuran yang sempurna.

Aksi lelang itu mengumpulkan dana 4,5 juta baht (Rp2,08 miliar) yang akan dikembalikan kepada para petani. Sebagian kecil akan disumbangkan sebagai sedekah untuk membeli peralatan medis rumah sakit-rumah sakit.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal