Hari Ini Terakhir Bayar Tol dengan Uang Tunai

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 Oktober 2017 11:41
Hari Ini Terakhir Bayar Tol dengan Uang Tunai
Mulai besok, transaksi di jalan tol tak menerima uang tunai.

Dream – Sahabat Dream, hari ini adalah hari terakhir trasaksi jalan tol dengan uang tunai. Sebab, besok, Selasa 31 Oktober 2017, transaksi di jalan tol tak lagi menggunakan uang tunai, melainkan dengan uang elektronik.

Dikutip dari situs bpjt.pu.go.id, Senin 30 Oktober 2017, pasal 6 ayat 1a Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Non Tunai di Jalan Tol yang menyebutkan, penerapan transaksi tol non tunai sepenuhnya di seluruh jalan tol per 31 Oktober 2017.

Untuk mendukung aturan ini, semua badan usaha jalan tol diminta meningkatkan proporsi gardu tidak terima tunai paling sedikit 60 persen terhadap total jumlah gardu, paling lambat pada September 2017.

Gardu-gardu tol elektronik yang telah menerapkan transaksi non tunai untuk pembayaran tol 100 persen, seperti Tol Dalam Koya, Gerbang Tol (GT) Angke 1, Kuningan 1, Halim 1, dan Kapuk 1. Ada juga GT Meruya Utara, GT Meruya 2, GT Karang Tengah Barat 1, GT Karang Tengah Barat 2, GT Meruya Utara 1, GT Karawaci Ramp Kebon Jeruk, GT Tangerang, dan GT Meruya 1.

Untuk Tol Purbaleunyi, GT yang menerapkan transaksi uang elektronik adalah GT Baros, GT Sadang, dan GT Moh Toha.

Uang-uang elektronik yang bisa digunakan untuk transaksi tol adalah e-money dan e-Toll yang dikeluarkan oleh PT Bank Mandiri Tbk (Persero), BNI TapCash oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero), dan Brizzi oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero), dan Flazz oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). (ism) 

Beri Komentar