Setelah Indonesia, Kini Tongtol Populer di Malaysia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 Oktober 2017 14:43
Setelah Indonesia, Kini Tongtol Populer di Malaysia
Sebelum ada alat ini, pengguna jalan tol di Malaysia menggunakan spatula, sendok kayu, dan pemukul lalat.

Dream – Bulan lalu, sebuah alat untuk mempermudah pembayaran tol non tunai, Tongkat e-Toll atau Tongtol, menjadi pusat perhatian. Alat ini naik daun karena transaksi non tunai di semua gerbang tol akan diberlakukan per 31 Oktober 2017.

Tongtol dijual di toko online seharga Rp10 ribu-Rp15 ribu. Alat tersebut bisa mempermudah pengguna jalan tol untuk menggapai mesin pembaca uang elektronik, apalagi jika kendaraannya lebih rendah daripada mesin pembaca.

Tongtol, Inovasi Baru Permudah Pengendara Bayar Tol© MEN

Tongtol ini ternyata tak hanya populer di Indonesia. “ Tongkat sakti” ini juga sukses merebut hati masyarakat Malaysia, terutama mereka yang tinggal di kawasan Lembah Klang.

Dikutip dari Mynewshub, Senin 23 Oktober 2017, alat tersebut bernama Stick Touch ‘N Go. Alat tersebut dijual di e-commerce Malaysia. Sebelum munculnya Stick Touch ‘N Go, pengguna jalan tol di sana menggunakan spatula, sendok kayu, dan pemukul lalat untuk mempermudah membayar tol dengan kartu Touch ‘N Go.

“ Kini, penggunaan spatula, sendok kayu, dan juga kayu pemukul lalat itu mungkin bisa dilupakan ketika muncul satu produk baharu yang secara ‘resminya’ sudah dijual di pasaran. Dikenali sebagai Stick Touch ‘N Go,” tulis Mynewshub.

Laman media online itu menulis Stick Touch ‘N Go ini dijual di e-commerce Carousell dan Shopee. Bentuknya berbeda dengan Tongtol Indonesia. Dia menggunakan tongkat yang bisa dipanjangkan, seperti tongkat narsis alias tongsis.

Stick Touch 'N Go (2)© Carousell

Dilansir Hype.my, Stick Touch ‘N Go ini dijual oleh seorang pengguna Facebook bernama Samantha Leong. Stick Touch ‘N Go dijual dalam lima varian warna, yaitu hijau, putih, biru, oranye, dan pink. Masing-masing alatnya dijual seharga 20 ringgit (Rp63.921).

Stick Touch 'N Go© Hype.me

Penampakannya mirip sekali dengan Tongtol yang dijual di Indonesia—bentuknya mirip dengan spatula dan ada tempat untuk menaruh kartu uang elektronik.

Beri Komentar