Indonesia Resmi Kuasai 51% Saham Freeport Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Juli 2018 15:43
Kabarnya, kesepakatan akuisisi saham Freeport Indonesia akan diteken sore ini.

Dream – Tambang emas terbesar dunia yang dikelola PT Freeport Indonesia akhirnya jatuh ke tangan Indonesia. Presiden Joko Widodo memastikan holding BUMN tambang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) telah mencapai kesepakatan soal akuisisi 51 persen saham perusahaan tersebut. 

Kesepakatan dilakukan dengan induk perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, Freeport McMoran. 

Sebelum, Indonesia hanya memiliki saham Freeport Indonesia sebesar 9,36 persen.

“ Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding pertambangan kita, Inalum, telah mencapai kesepakatan awal dengan Freeport tentang pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di BSD, Tangerang, Banten, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 12 Juli 2018.

Jokowi mengatakan kepastian pengalihan saham ini hanya tinggal menunggu proses penandatanganan dari pihak Indonesia dan Freeport McMoran. Dia mengatakan proses peralihan saham ini berjalan cukup alot. Namun, pihaknya bersyukur perundingan itu bisa terselesaikan.

“ Ya, seperti yang kita ketahui, Freeport Indonesia mengelola tambang hampir 50 tahun. (Sudah) 3,5 tahun kita usahakan yang sangat alot dan intens sekali. Ini menyangkut negosiasai yang tidak mudah,” kata dia.

Menurut informasi, penandatangan kesepakatan ini rencananya akan berlangsung pada hari ini pukul 16.00 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Penandatanganan ini akan dihadiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Direktur Inalum, Budi Gunadi Sadikin, dan perwakilan dari Freeport Indonesia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Septriyan Deni, Pebrianto Eko Wicaksono)

 

Beri Komentar
#MovieTalk Aruna & Lidahnya - 'Ada Apa Ya?' (Part 1)