Ingin Mulai Bisnis Baru? Simak 6 Tips Finansial Ini

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 8 Agustus 2021 07:00
Ingin Mulai Bisnis Baru? Simak 6 Tips Finansial Ini
Kamu perlu ingat, memulai bisnis baru tidaklah mudah.

Dream – Pandemi Covid-19 telah membuat banyak usaha guling tikar. Sejumlah perusahaan merumahkan pegawainya, bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Padahal, banyak pekerja memiliki tanggungan untuk keluarganya. Di tengah situasi sulit seperti ini, memulai sebuah bisnis bisa menjadi pertimbangan yang setidaknya bisa menjadi jalan keluar untuk bertahan hidup.

Namun, memulai bisnis baru tidaklah mudah. Selain dibutuhkan persiapan yang matang, perencanaan keuangan juga berperan penting untuk menjalankan sebuah bisnis.

Ilustrasi© shutterstock

Untuk itu, enggak ada salahnya buat kamu yang ingin meniti karir sebagai pebisnis untuk menyimak tips finansial berikut ini!

1 dari 4 halaman

1. Pisahkan akun bank pribadi dan bisnis

Untuk mengatur pola transaksi dan mengatur cash flow, kamu harus memisahkan tabungan pribadi dan bisnis. Dengan begitu kamu akan terhindar dari tercampurnya penggunaan uang bisnis untuk keperluan pribadi atau sebaliknya.

Ilustrasi© shutterstock

2. Gaji diri sendiri

Tidak ada salahnya untuk menggaji diri sendiri. Keuntungan atau laba bersih dari bisnismu dapat digunakan sebagai penambahan modal usaha yang tentunya diperhitungkan dengan tepat.

2 dari 4 halaman

3. Bijaksana jika berutang

Maraknya kasus pinjaman online membuat utang terasa mengerikan. Jika kamu ingin berutang untuk modal bisnis, pastikan skor kredit terjaga dengan baik dan bayar kewajiban utangmu secepat mungkin.

Jika sudah memiliki uang yang cukup, upayakan untuk membayar tepat waktu untuk menghindari denda yang melekat pada utang.

Pikirkan dengan baik jika kamu ingin mengambil pinjaman berbunga. Pastikan kamu bisa membayarnya.

4. Siapkan dana darurat

Siapkan dana darurat sebanyak 3-6 bulan pengeluaran. Dengan begitu jika terjadi hal tak terduga, kamu bisa menggunakan dana ini.

Dana darurat bisa dalam bentuk tunai yang tersimpan dengan baik dalam brankas dengan tingkat keamanan tinggi atau memanfaatkan tabungan yang mudah untuk dicairkan kapan saja tanpa dipotong biaya atau pinalti.

3 dari 4 halaman

5. Atur pengeluaran

Pada awal tahap bisnis, atur biaya operasional tetap serendah mungkin atau sewajarnya. Selanjutnya, lakukan perhitungan yang tepat dan analisa potensi pengeluaran besar dalam setahun ke depan seperti biaya sewa, pajak, gaji, dan lain-lain.

Hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatur target keuangan dan memiliki cash flow yang baik.

Ilustrasi© shutterstock

6. Lakukan pembukuan dan pencatatan

Melakukan pembukuan atau pencatatan setiap bulannya berguna untuk mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran bisnismu. Kamu bisa mengetahui produk atau jasa terlaris atau biaya apa yang paling menguras aktivitas bisnis.

Setelah mempelajari pembukuan yang sudah kamu catat, atur ulang budget dan cek perkembangan target bisnis.

4 dari 4 halaman

7. Publikasikan usaha

Ilustrasi© shutterstock

Memanfaatkan media sosial atau platform lainnya bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis dan menciptakan laba. Promosikan bisnis secara kreatif agar bisa menarik target pelanggan.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk memiliki keuangan yang baik saat berbisnis. Selamat mencoba.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar