CONNECT WITH US!

Alasan Pemerintah Sederhanakan Golongan Listrik

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Selasa, 14 November 2017 14:40
Pemerintah Akan Menyederhanakan Golongan Listrik. (Foto: Merdeka.com)
Pemerintah ingin masyarakat tak was-was terhadap...

Dream – Pemerintah berencana untuk menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga. Nantinya, pelanggan dengan golongan listrik 900 VA non-subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA akan dinaikkan menjadi 4.400 VA.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar, mengatakan penyederhanaan ini akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk memiliki daya listrik yang lebih besar. Dengan begitu, masyarakat tak perlu was-was daya listrik tak cukup.

" Kalau daya listrik dibatasi, misalnya pakai 1.300 VA, pasang kulkas, AC, setrika, mati tidak? Mati. Ini mau kami naikkan lebih tinggi, bukan lagi 1.300 VA," kata Arcandra, dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 14 November 2017, 

Archandra mengatakan pemerintah berupaya penyederhanakan golongan itu tak berdampak terhadap kenaikan tarif listrik. " Tarifnya kami usahakan sama. Itu niatnya,” kata Arcandra.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, siap menggratiskan penggantian instalasi listrik, jika penyederhanaan golongan dijalankan. `BUMN setrum` ini menyiagakan 80 ribu karyawannya untuk mengganti instalasi dalam rangka menaikkan daya listrik.

“ Input dari rayon. (Biaya tambah daya) pertama naik Rp2,1 juta. Naik lagi Rp5 juta sampai Rp7 juta. Biayanya kemahalan. Saya pikir supaya itu aman, mending digratiskan saja,” kata Sofyan. (ism)

Rekam Jejak Korupsi Setya Novanto