Deretan Influencer yang Digandeng Pemerintah Jelang Pertemuan KTT G20 Summit

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 7 Oktober 2022 19:47
Deretan Influencer yang Digandeng Pemerintah Jelang Pertemuan KTT G20 Summit
Dalam menjalankan kampanye ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng beberapa influencer papan atas nasional untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Dream - Menjelang puncak pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada 15-16 November 2022 di Bali, Indonesia, sejumlah influencer ternama Indonesia akan berperan aktif mengkampanyekan beberapa isu penting.

Melalui kampanye #SaatnyaIndonesia untuk #GerakBersama #G20Indonesia selama bulan Oktober hingga November 2022, para influencer tersebut akan berbagi konten mengenai tiga isu utama, yakni Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Dalam menjalankan kampanye ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng beberapa influencer terkenal untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Untuk menumbuhkan pemahaman masyarakat terkait isu pertama yakni Arsitektur Kesehatan Global, konten para influencer akan membahas " 20 Kebiasaan Sehat untuk Meningkatkan Produktivitas" .

Sementara pada isu ketiga yaitu Transisi Energi Berkelanjutan, pesohor yang terkenal di media sosial akan mengkampanyeken konten memberi saran " Berbagai Cara untuk Menyayangi Bumi" .

1 dari 3 halaman

Para influencer yang akan berkolaborasi dalam kampanye ini adalah Nycta Gina, serta dokter Reisa Broto Asmoro untuk isu Arsitektur Kesehatan Global, dokter Tirta terkait isu transformasi digital, dan Nadine Chandrawinata akan membahas isu transisi energi berkelanjutan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, Usman Kansong mengatakan pertemuan negara-negara G20 diharapkan dapat menggerakkan Indonesia dan seluruh dunia menuju pemulihan dan keberlanjutan ekonomi.

" Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menarik perhatian dan mengajak masyarakat di Indonesia dari segala kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam Presidensi G20," tutur Usman dalam keterangannya, Kamis, 6 Oktober 2022.

Untuk pembahasan Isu Arsitektur Kesehatan Global dalam Presidensi G20 merupakan bentuk respons langsung atas pandemi Covid-19, kolaborasi yang lebih erat untuk memastikan ketahanan komunitas global terhadap pandemi di masa depan, serta adanya kesetaraan standar kesehatan global dan sistem kesehatan global yang lebih inklusif menjadi fokus perhatian isu ini.

2 dari 3 halaman

" Saya antusias mendapat kesempatan untuk turut menyukseskan kampanye Presidensi G20 ini," ujar Nycta Gina yang juga berprofesi sebagai dokter  serya berharap kampanye isu kesehatan di akun media soaialnya akan membuat masyarakat lebih semangat untuk bangkit dari pandemi Covid-19 dan memiliki pola hidup yang lebih sehat.

Isu penting lain yang menjadi sorotan adalah transformasi digital terutama tentang kerjasama antar negara dan semua pemangku kepentingan untuk memulihkan tatanan ekonomi global pasca pandemi. Penggunaan digitalisasi yang lebih inklusif melalui akselerasi UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital akan menjadi salah satu upaya.

Sementara untuk isu Transisi Energi Berkelanjutan, pemerintah melihat ppandemi dan perubahan iklim telah mendesak masyarakat global untuk mempercepat transisi menuju sumber energi yang lebih bersih. Gotong royong negara-negara anggota G20 dalam bentuk investasi berkelanjutan untuk mempercepat Transisi Energi Berkelanjutan menjadi penting.

3 dari 3 halaman

" Kita harus lebih bijak dalam mengambil dari alam dan harus memperhatikan keberlanjutannya. Sebagai salah satu Influencer yang terlibat dalam kampanye ini, saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengubah pola pikir dan pola hidup menuju Sustainability," jelas Nadine Chandrawinata.

Selain untuk menjangkau masyarakat luas, kolaborasi dengan para influencer ini juga merupakan upaya Pemerintah Indonesia untuk turut merayakan dan menyukseskan Presidensi G20.

G20 atau Group of Twenty adalah forum antarpemerintah yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa (UE). G20 bekerja untuk mengatasi berbagai masalah besar yang berkaitan dengan ekonomi global. Indonesia terpilih menjadi ketua dan tuan rumah forum internasional Presidensi G20 ke-17, yang telah memulai rangkaian kegiatannya sejak Desember 2021.

Beri Komentar