Jokowi Bocorkan Sosok Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Dilantik Minggu Depan

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 23 Februari 2022 11:45
Jokowi Bocorkan Sosok Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Dilantik Minggu Depan
Kepala Otorita IKN akan dibantu oleh Wakil Kepala Otorita IKN yang ditunjuk.

Dream - Jokowi segera mengumumkan Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu bahkan telah membocorkan sosok calon kepala otoritas tersebut.

“ Non-partai,” ucap Jokowi di Jakarta, Selasa 22 Februari 2022.

Ibu Kota Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur diresmikan oleh Jokowi pada 15 Februari 2022. Kepastian pemindahan ibu kota negara juga sudah tertuang dalam peraturan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Kepala Otoritas IKN bakal dilantik oleh Jokowi pada minggu depan. " Secepatnya, ya mungkin ini, mungkin minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi.

1 dari 3 halaman

Kepala Otorita IKN Memegang Jabatan Selama 5 Tahun

Dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022, disebutkan bahwa Kepala Otorita IKN akan dibantu oleh Wakil Kepala Otorita IKN yang ditunjuk. Mereka diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah konsultasi dengan DPR.

Pasal 10 UU tersrbut menyatakan bahwa masa jabatan Kepala Otorita IKN dan Wakil Otorita IKN berlangsung selama lima tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Pejabat yang sudah habis masa jabatannya bisa diangkat kembali.

 

2 dari 3 halaman

Alasan Jokowi Memindahkan Ibu Kota Negara

Saat memberikan sambutan dalam acara peresmian kantor DPP NasDem tersebut, Jokowi sempat mengungkapkan alasan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Faktor terbesar adalah karena ketimpangan di sejumlah bidang kehidupan yang terjadi di Pulau Jawa dan luar Jawa. Pemindahan ini untuk pemerataan di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.

“ Sekali lagi perpindahan ini adalah untuk pemerataan, baik pemerataan infrastruktur, pemerataan ekonomi dan juga keadilan sosial,” ungkap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Mengusung Konsep Smart Forest City

Kalimantan Timur adalah bagian dari daerah di Indonesia dengan alam hijau yang luas. Jokowi juga menjelaskan bahwa Ibu Kota Nusantara menggagas konsep Smart Forest City. Sekitar 70 persen dari area IKN akan menjadi area hijau. 

Selain itu, pengelolaan transportasi, sistem pengairan, sistem kelistrikan, infrastruktur komunikasi, hingga pelayanan publik juga akan menggunakan teknologi modern.

“ Konsep besarnya adalah Smart Forest City, banyak hijaunya dan banyak hutannya. Semuanya dikelola dengan teknologi modern baik transportasi, baik sistem pengairan, baik sistem kelistrikan, baik infrastruktur komunikasi, baik pelayanan publik,” lanjut Presiden.  

Sumber: setkab.go.id

Beri Komentar