Jokowi Targetkan Penyaluran KUR Tembus Rp190 Triliun pada 2020

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 10 Desember 2019 13:22
Jokowi Targetkan Penyaluran KUR Tembus Rp190 Triliun pada 2020
Sepanjang 2019, KUR yang telah tersalurkan mencapai Rp120 triliun.

Dream - Presiden Joko Widodo (Joko Widodo) mendorong pemerintah daerah membuka akses lebih luas kepada masyarakat ekonomi rendah terhadap industri keuangan. Ini agar usaha kecil dan mikro di masyarakat dapat berkembang.

" Di PNM Mekar kita punya nasabah 5,9 juta, di Bank Wakaf Mikro kita sudah tersebar di 55 pesantren dan Insya Allah akan terus bertambah," ujar Jokowi di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan pada 2019 ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah tersalurkan mencapai Rp 120 triliun. Sementara, untuk 2020 pemerintah menargetkan mampu menyalurkan dana KUR sebesar Rp190 triliun.

" KUR nanti target 2020 kita Rp190 triliun, harus keluar dari perbankan kita untuk usaha kecil dan mikro," kata dia.

 

1 dari 4 halaman

Target di 2024, Tembus Rp325 Triliun

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut target penyaluran KUR pada 2024 bisa mencapai Rp325 triliun.

" Apa yang kita inginkan, daerah ikut dorong bantu agar bisa akses itu. Buatkan kelompok usaha," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi meminta tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) bekerja dengan sungguh-sungguh dalam meningkatkan literasi keuangan di masyarakat.

" Saya meyakini ini akan mirip-mirip seperti tim pengendalian inflasi daerah (TPID) yang tadinya 8-9 persen turun menjadi 3,1 persen," kata dia.

2 dari 4 halaman

Dirut Garuda Dipecat, Jokowi Beri Pesan Keras ke Direksi BUMN

Dream - Kasus pencopotan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Ari Askhara rupanya sudah didengar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di acara peresmian Tol JOR II Arus Kunciran-Serpong, Tangerang, presiden memberikan pesan keras untuk para direksi BUMN lain.

Jokowi berpesan agar para direksi BUMN tidak ada yang berani melakukan pelanggaran dalam menjalankan tugasnya. Pencopotan Dirut Garuda diharapkan jadi pelajaran.

" Jangan ada yang mengulang-ngulang seperti itu lagi. Sudah," kata Jokowi mengutip laman Merdeka.com, Jumat, 6 Desember 2019.

Menurut Jokowi, keputusan yang telah dikeluarkan menteri BUMN sudah sangat tegas. Kebijakan itu juga menjadi pesan yang jelas bagi para direksi perusahaan pelat merah lainnya.

" Gimana sudah tegas banget, Menteri BUMN sudah tegas sekali, sudah, itu pesan untuk semuanya, jangan main-main, sudah," kata Jokowi.

3 dari 4 halaman

Jokowi Jadi Tokoh Paling Berpengaruh Asia 2019

Dream - Jokowi dinobatkan sebagai Tokoh Asia Paling Berpengaruh 2019 oleh harian The Straits Times. Dia dinilai sebagai sosok pemersatu di tengah di masa kekacauan dan gangguan.

Tim editor harian terkemuka berbasis di Singapura itu memilih Jokowi atas pertimbangan " ketangkasan dan kecakapannya mengendalikan arus politik dalam negeri yang rumit sekaligus urusan internasional."

The Straits Times menulis Jokowi berhasil mengalahkan Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden April lalu dan mempertahankan kekuasaannya. Jokowi juga dinilai berhasil menjalankan pemerintahan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia serta negara demokratis terbesar ke tiga dengan penduduk mencapai 270 juta jiwa.

Selain itu, The Straits Times juga menulis bahwa karier politik Jokowi menjadi pertimbangan tim editor dalam penilaian. Menurut mereka, Jokowi melejit dari Wali Kota Surakarta pada 2005 hingga kini menduduki kursi presiden di negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

" Kepribadiannya yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan masyarakat kecil telah memenangkan hati banyak orang," demikian pernyataan tim editor.

4 dari 4 halaman

Tak hanya di dalam negeri, langkah politik Jokowi di kancah internasional juga menjadi sorotan. Tim editor memuji kemampuan presiden bernama lengkap Joko Widodo itu dalam memainkan peran Indonesia di mata dunia.

" Kemampuannya untuk memandang keluar cakrawala dan bergulat dengan tantangan strategis yang dihadapi negaranya dan kawasan," tulis tim editor.

Tim editor juga memuji peran Jokowi dalam menempatkan Indonesia sebagai jantung ASEAN, blok regional yang beranggotakan 10 negara. Para pemimpin negara-negara ASEAN sepakat mengadopsi " Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik" yang digagas Indonesia pada Pertemuan ASEAN di Bankok, Juni lalu.

Konsep tersebut mempertahankan netralitas di tengah memanasnya persaingan antara China dan Amerika.

Jokowi pula yang pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama didasarkan sejumlah prinsip utama, meliputi keterbukaan, inklusifitas, dan pemusatan ASEAN. Konsep ini disampaikan Jokowi pada pertemua negara-negara Asia Timur di Singapura pada November tahun lalu.

" Presiden Joko Widodo telah melakukannya dengan sangat baik. Tidak hanya dia telah memenangkan masa kekuasaan kedua, tetapi juga membawa Indonesia maju. Demikian juga di Asean, ada banyak ruang bagi Jokowi untuk memimpin lebih jauh," kata Pemimpin Redaksi The Straits Times, Warren Fernandez.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya