Kala Minyak Berubah Jadi Musuh Negara Kaya Arab

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 9 Februari 2016 14:44
Kala Minyak Berubah Jadi Musuh Negara Kaya Arab
Selama ini, mereka mensubsidi rakyatnya mulai dari makanan sampai listrik. Kini setelah harga minyak rontok, mereka pun kelabakan.

Dream - Rontoknya harga minyak mentah dunia membuat negara kaya muslim kelabakan. Bahkan sebuah negara akan memangkas jumlah kementerian dan mengalihkan proyeknya ke perusahaan swasta.

Tindakan drastis inilah yang dilakukan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum mengatakan pemerintah akan mengurangi jumlah kementerian.

" Kami juga akan membuat road map untuk mengalihkan proyek pemerintah kepada sektor swasta," kata Sheikh Mohammed mengutip laman Zawya, Selasa, 9 Februari 2016.

Dengan perubahan ini, Sheikh Mohammed mengatakan pemerintah barunya akan memiliki lebih sedikit kementerian. Dan hanya akan mengurusi isu-isu nasional dan strategis.

Salah satu contohnya adalah Kementerian Pendidikan akan dilebur menjadi satu lembaga dari sebelumnya terdiri dari beberapa kementerian. Namun tak dijelaskan sampai kapan kebijakan ini berlangsung.

Seperti diketahui, negara Arab selama ini menjadi eksportir minyak mentah besar dunia. Mereka juga mensubsidi masyarakatnya mulai dari makanan, bahan bakar, listrik, air, sehingga harga jual senantiasa rendah.

Namun rontoknya harga minyak dunia pelan-pelan mulai menggerogoti keuangan negara. Ekonomi UEA juga dilaporkan lebih rentan dibandingkan negara tetangganya.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi