Sudah Tetapkan ONH Plus, Kapan Menag Putuskan BPIH 2017?

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 10 Maret 2017 18:44
Sudah Tetapkan ONH Plus, Kapan Menag Putuskan BPIH 2017?
Apa yang membuat pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) belum diputuskan

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR RI segera akan mengumumkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2017.

" Alhamdulillah dalam waktu dekat ini bersama Komisi VII DPR, akan segera mengumumkan besaran BPIH 2017," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Maret 2017.

Lukman mengungkapkan, hingga kini Kemenag dan Komisi VIII DPR masih harus membahas beberapa item yang perlu dikalkukasi. Salah satu pembahasan terpenting adalah pengukuran biaya angkutan udara.

" Dalam beberapa hari ke depan akan diadakan pembahasan untuk mematangkan, khususnya, biaya angkutan udara karena kita harus menghitung harga avtur," kata dia.

Menurut dia, biaya avtur selama ini bersifat fluktuatif. Sehingga, dalam pembahasan lanjutan dengan Komisi VIII, perlu perhitungan yang cermat dan objektif.

" Sehingga biaya BPIH 2017 dapat reasonable," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Kemenag telah menetapkan besaran BPIH Khusus 2017. Kemenag menetapkan BPIH Khusus 2017 dengan besaran US$8.000. Jumlah itu setara Rp107 juta dengan kurs Rp13.381.

" Ini merupakan besaran minimal dalam rangka pemenuhan kewajiban PIHK atas standar pelayanan minimum kepada jemaah haji khusus," kata Direktur Pengelolaan Dana Haji Kemenag, Ramadhan Harisman, Kamis 9 Maret 2017.

Besaran dana itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 76 tahun 2017, yang ditetapkan pada 9 Februari 2017. Menurut Ramadhan, biaya sebesar US$8.000 itu untuk tiga komponen, antara lain biaya penyelenggaraan ibadah haji khusus oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), biaya pelayanan umum di Arab Saudi, dan jaminan sewa pemondokan di Mekah.

Beri Komentar