Kisah Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball yang Tak Kuliah Kini Berharta Miliaran Rupiah

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 4 November 2022 09:12
Kisah Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball yang Tak Kuliah Kini Berharta Miliaran Rupiah
Toriyama sudah punya ketertarikan menggambar sejak kecil. Karena manga adalah satu-satunya hiburan yang memukau anak-anak pada masa itu.

Dream - Dragon Ball, film anime Jepang satu ini menjadi salah satu anime favorit anak-anak. Anime tersebut diangkat dari komik karya Akira Toriyama yang pertama diterbitkan pada 1984. Dragon Ball merupakan salah satu karya terkenal dari Toriyama. Dragon Ball telah terjual sebanyak lebih dari 300 juta volume.

Akira Toriyama© haikudeck.com

 

Ia lahir di Prefektur Aichi, Jepang pada 5 April 1955. Toriyama sudah punya ketertarikan menggambar sejak kecil. Karena manga adalah satu-satunya hiburan yang memukau anak-anak pada masa itu, Akira bercita-cita menjadi seorang seniman. Dia biasa menggambar karakter manga dan animasi bersama teman-teman SD-nya.

Akira Toriyama© elpopular.pe

Setelah beberapa tahun lulus pendidikan dasar, ia sempat kehilangan minatnya pada komik dan kartun. Perhatiannya mulai beralih ke film aksi, seperti film perang hingga fiksi ilmiah. Minat menggambarnya kembali saat masuk sekolah menengah atas. Ia sekolah di Okoshi Technical High School dan memilih jurusan desain untuk mengasah kemampuan menggambarnya.

 

 

 

1 dari 2 halaman

Lulus dari sekolah menengah atas, Toriyama ogah melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Menentang keinginan dari orangtuanya, Toriyama memutuskan langsung memulai kariernya.

Toriyama memulai debutnya dengan karya Wonder Islan di tahun 1979. Karya perdananya itu diterbitkan dalam majalah mingguan Shonen Jump. Toriyama tenar dengan karya manga Dr. Slump pada 1980 hingga 1984.

Dragon Ball© Shutterstock.com

Karya-karya sukses Toriyama membawanya menjadi salah satu penulis manga di dunia. Total kekayaan Toriyama saat ini dikabarkan mencapai 45-50 juta USD atau sekitar Rp635,9-706,5 miliar. Per April 2022, Toriyama dikabarkan termasuk ke dalam 10 mangaka terkaya di Jepang. Ia menduduki urutan kedua setelah Eiichiro Oda, penulis One Piece.



2 dari 2 halaman

Selain dari komik-komiknya, Toriyama juga mendapat penghasilan dari video game. Ia bertanggung jawab atas desain karakter pada video game Dragon Quest. Video game ini juga banyak digemari, sama seperti karya Toriyama lainnya, sehingga penghasilannya dari sektor ini juga terbilang banyak.

Dragon Ball© Shutterstock.com

Tidak hanya menghasilkan harta, karya tersebut juga membuatnya mendapat banyak penghargaan. Di tahun 1982, Toriyama mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award. Ia mendapat gelar mangga terbaik untuk kategori Shonen and Shojo Manga Series of the Year.

Dari karya terbaiknya, komik Dragon Ball, Toriyama mendapat penghargaan Golden Age of Jump. Ketenaran Dragon Ball tidak hanya di kalangan negara-negara Asia saja, melainkan juga di Eropa, Amerika Utara, dan Kanada.

Laporan: Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar