Konsumsi Muslim Dunia Diprediksi Tembus Rp36.571 Triliun, Ekspor Halal Indonesia Masih Rendah

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 7 Oktober 2022 13:13
Konsumsi Muslim Dunia Diprediksi Tembus Rp36.571 Triliun, Ekspor Halal Indonesia Masih Rendah
Konsumsi tersebut terserap dari sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan rekreasi halal.

Dream - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan, saat ini konsumsi masyarakat Muslim dunia mencapai US$2 triliun atau sekitar Rp30.476 triliun. Angka ini merujuk pada laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2020-2021.

Konsumsi tersebut terserap dari sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan rekreasi halal. Teten memproyeksikan pada tahun 2024 konsumsi Muslim dunia dapat meningkat hingga US$2,4 triliun atau sekitar Rp36.571 triliun.

" Tingkat konsumsi tersebut diproyeksi terus meningkat hingga mencapai US$2,4 triliun pada tahun 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 3,1 persen," kata Teten Masduki dalam pembukaan Indonesia International Modest Fashion Festival (In2Motionfest) 2022, di Jakarta Convention Center, Kamis 5 Oktober 2022.

1 dari 2 halaman

Namun, kata Teten, ekspor halal dari Indonesia masih pada tingkat rendah. Angkanya baru mencapai 3,8 persen dari total pasar produk halal dunia.

" Untuk meningkatkan kontribusi tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya strategis, salah satunya melalui kolaborasi penyelenggaraan even berskala nasional dan internasional untuk mendorong promosi dan publikasi produk muslim Indonesia," ujar dia.

Salah satunya adalah gelaran Indonesia International Modest Fashion Festival yang menjadi agenda Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang ke-9 tahun 2022. 

Teten menjelaskan telah bersepakat bersama Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, untuk terus melanjutkan event tersebut. Dan meningkatkan bukan hanya dari aspek kemasan kegiatan, melainkan hingga jumlah desainer & buyer yang diundang.

" Mengajak seluruh stakeholder di modest fashion di beragam kota turut terlibat, menyelenggarakan program promosi bersama, open house designer, sampai tentu saja dukungan pihak perbankan untuk program diskon pembelian," bebernya.

2 dari 2 halaman

Teten Masduki juga optimis, jika IN2MOTIONFEST nantinya sudah digelar selama tiga kali. Event ini dapat menjadi gelaran dunia.

 “ Ya kalau misalnya IN2MOTIONFEST ingin jadi salah satu kalender event di dunia, ya minimum tiga kali berturut-turut ini bisa dijalankan, dilaksanakan lalu kita harus mengundang para desain dari luar untuk fashion show di sini saya kita kita udah bisa, tentu nanti harus disesuaikan dengan kalender dunia,” kata Teten. 

 

Beri Komentar