Koperasi Syariah Sudah Bisa Jadi Pengelola Wakaf?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 26 Mei 2018 15:01
Koperasi Syariah Sudah Bisa Jadi Pengelola Wakaf?
Ini contohnya.

Dream – Koperasi syariah kini bisa menjadi pengelola wakaf (nazir wakaf). Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Gumarang Akbar Syariah di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi nazir wakaf.

Ketua KSPPS Gumarang Akbar Syariah, Ignatius Suwadi, mengatakan koperasi ini tahun lalu diusulkan sebagai penyalur KUR. Akan tetapi, sampai saat ini, belum bisa terealisasi.

Seiring perkembangan waktu, koperasi ini tercatat sebagai koperasi sehat yang diusulkan sebagai lembaga penyalur zakat dan nazir resmi dari Badan Wakaf Indonesia (BWI). Penunjukan ini terjadi pada 31 Agustus 2017.

“ Kami mengajukan diri juga untuk menindaklanjuti usulan ini. Kebetulan kinerja kami sebagai koperasi di bidang syariah juga sudah mulai berkembang,” kata Igantius di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 26 Mei 2018, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 26 Mei 2018.

Ignatius mengatakan “ kemudahan” ini didapatkan setelah KSPPS Gumarang Akbar Syariah mengantongi nomor induk koperasi (NIK). Koperasi ini mendapatkan banyak rekomendasi untuk akses ke berbagai program.

“ NIK ini besar manfaatnya untuk koperasi. Kami menjadi koperasi yang terdata dan teridentifikasi secara resmi oleh pemerintah, khususnya Dinas Koperasi dan UKM,” kata dia.

Ignatius mengatakan cara mendapatkan NIK ini tidak sulit. Koperasi hanya melengkapi prasyarat melalui online. Kemudian, sertifikat NIK jadi. Sertifikat NIK ini didapatkan setelah tiga tahun disahkan sebagai badan hukum pada 2014.

Sekadar informasi, KSPPS Gumarang Akbar Syariah bergerak di bidang keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan. Saat ini, Koperasi Gumarang juga mulai mengembalikan pembiayaan multiguna untuk anggota, baik itu kebutuhan produktif ataupun konsumtif, dengan menerapkan prinsip syariah dalam bertransaksi. 

(Sah)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary