Kuota Harian Tukar Uang Baru Rp75 Ribu Ditambah, Sebentar Lagi Pesanan Dibuka!

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 27 Agustus 2020 13:45
Kuota Harian Tukar Uang Baru Rp75 Ribu Ditambah, Sebentar Lagi Pesanan Dibuka!
Cara memesan uang baru dengan nominal Rp75 ribu bisa diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id. Siap-siap, pesanan dibuka 10 menit lagi

Dream - Peluang untuk mendapat uang baru Rp75 ribu dari Bank Indonesia (BI) semakin terbuka. Bank sentral di Tanah Air ini menambah kuota harian jalur penukaran individu uang baru yang dikeluarkan pertama kali pada HUT Kemerdekaan Indonesian ke-75.

Keputusan penambahan kuota harian penukaran uang baru Rp75 ribu akan mulai diberlakukan siang ini, Kamis, 27 Agustus 2020 mulai pukul 14.00 WIB.

Mengutip keterangan tertulis BI, masyarakat yang ingin mendapat uang baru Rp75 ribu bisa mengakses melalui tautan aplikasi berbasis website di https://pintar.bi.go.id (PINTAR).

" masyarakat yang belum memiliki UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan) 75 Tahun RI dapat kembali melakukan pemesanan hingga 30 September 2020 yang sebelumnya telah habis dipesan," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko.

Keputusan menambah kuota harian penukaran uang baru Rp75 ribu dilakukan untuk memperkuat jalur mekanisme kolektif yang telah dibuka pada 25 Agustus 2020 lalu sebagai respons terhadap animo masyarakat yang begitu besar untuk memiliki UPK 75 Tahun RI setelah dibukanya periode pemesanan sejak tanggal 17 Agustus 2020.

BI juga memastikan mekanisme penukaran uang baru Rp75 ribu dengan penambahan kuota harian jalur individu akan tetap memerhatikan protokol pencegahan COVID-19.

Untuk bisa memiliki uang baru Rp75 ribu, masyarakat harus memenuhi tiga persyaratan agar bisa memesan melalui jalur individu. Ketiga syarat itu adalah Warga Negara Indonesia, Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

" BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran di seluruh kantor BI untuk tetap menjalankan protokol COVID-19," pesan Onny.

1 dari 6 halaman

Uang Baru Rp75 Ribu Bisa Dipesan di Bank Umum

Dream - Antusiasme masyarakat mendapatkan uang khusus pecahan Rp74.000 membuat banyak orang kesulitan mengakses situs yang disiapkan Bank Indonesia. Masalah ini kemungkinan akan segera teratasi dalam waktu dekat.

PT Bank Mandiri Tbk menyatakan akan memfasilitas penularan uang rupiah baru pecahan Rp75.000 di 408 kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan masyarakat mulai 1 Oktober 2020 mendatang.

Hingga akhir September 2020, fasilitas pemesanan uang baru Rp75.000 hanya dilayani oleh BI. Para pemesan dibatasi hanya bisa memesan 1 uang baru untuk 1 KTP.

" Jadi teman-teman bisa melakukan penukaran lewat online yang disiapkan Bank Indonesia tadi. Di sini karena jumlah terbatas setiap 1 lembar (uang Rp 75.000) 1 nomor KTP," Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunadi dalam sesi teleconference, Rabu, 19 Agustus 2020.

 

2 dari 6 halaman

Ada 5 Bank Umum yang Ditunjuk

Setelah masa penukaran di BI yang merupakan tahap pertama selesai, bank sentral di Tanah Air ini akan mengizinkan penukaran uang baru Rp75.000 di bank-bank umum.

Sebanyak lima bank umur telah ditunjuk untuk melayani penukaran uang edisi spesial 75 tahun Kemerdekaan RI itu pada 1 Oktober 2020. Satu dari lima bank umum tersebut adalah Bank Mandiri.

" Penukaran tahap II 1 Oktober sampe selesai, nanti Bank Mandiri sediakan 408 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi sekarang belum bisa, nanti setelah September bapak-ibu ingin menukar bisa datang," tuturnya.

" Nanti penjatahan sesuai dengan minat dari nasabah yang ingin menukar. Kumpulkan dulu minatnya, nanti Mandiri akan minta ke BI sesuai jatah yang diperlukan," dia menambahkan.(Sah, Sumber: Liputan6.com)

3 dari 6 halaman

Catat, Begini Cara Mendapatkan Pecahan Baru Uang Rp75 Ribu

Dream- Dalam rangka Dirgahayu ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang dengan pecahan yang cukup unik, yakni Rp75 ribu. Uang yang hanya diproduksi 75 juta lembar ini berdesain unik dengan gambar proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, pada salah satu sisi.

Pada uang ini, terdapat sejumlah ilustrasi hingga membuat pecahan Rp75 boleh dibilang unik. BI bahkan mengklaim uang tersebut tidak akan mudah ditiru. Selain itu, desain uang baru ini berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Masyarakat rupanya sangat antusias untuk memiliki uang Rp75 ribu tersebut. Menjawab pertanyaan masyarakat, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menjelaskan cara mendapatkan uang baru ini.

" Kami telah mendistribusikan uang peringatan kemerdekaan ke-75 tahun RI ini ke seluruh kantor BI, dan masyarakat dapat segera melakukan penukaran melalui Online yang sudah kami siapkan per hari ini sejalan protokol covid," ungkap Perry dikutip dari laman Merdeka.com.

4 dari 6 halaman

Langkah Pemesanan Uang Baru

Berdasarkan informasi dari BI, berikut langkah-langkah memesan uang baru ini mulai tanggal 18 Agustus 2020:

Pertama, untuk mendapatkan Uang Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI, masyarakat dapat menukarkan uang Rupiah senilai Rp75.000 secara tunai dengan 1 (satu) lembar UPK 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75.000.

Kedua, sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Nantinya, setiap 1 (satu) KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 (satu) lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000.

Masyarakat kemudian dapat melakukan pemesanan penukaran secara online dengan mengisi formulir pemesanan pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan  https://pintar.bi.go.id

BI© Foto : BI

 

5 dari 6 halaman

Periode Pemesanan

Bank Indonesia membuka dua periode pemesanan untuk mendapat pecahan uang Rp 75 ribu, yakni pada tanggal berikut:

Periode pemesanan penukaran tahap 1 (tanggal 17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten;

Periode pemesanan penukaran tahap 2 (tanggal 1 Oktober 2020 – selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

6 dari 6 halaman

Syarat yang Harus Dipenuhi

Dalam melakukan penukaran untuk memperoleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penukar, yaitu:

Pertama, telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR;

Kedua, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli;

Ketiga, membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital;

Terakhir, melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

Penukaran dapat dilakukan paling cepat 1 (satu) hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran UPK 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.

BI© Foto : BI

Perry menuturkan, ke depannya penerbitan uang baru dalam rangka peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali. Uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal tender.

Uang peringatan 75 tahun kemerdekaan RI ini juga merupakan uang peringatan memorandum note sebagai persembahan kebahagiaan kepada masyarakat dan bangsa.

Sumber : Merdeka.com, Berbagai Sumber

Beri Komentar