5 Tips Agar Keuangan Tak Bermasalah, Nomor 3 Sering Diabaikan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Januari 2019 10:42
5 Tips Agar Keuangan Tak Bermasalah, Nomor 3 Sering Diabaikan
Menghemat uang memang sulit dilakukan untuk banyak orang. Sebab, kebanyakan tak punya daftar kebutuhan prioritas kebutuhan apa saja yang diperlukan.

Dream – Banyak orang dari kita yang masih belum bisa mengatur keuangan dengan baik. Hal ini tentunya membuat kita seperti bekerja keras terus-menerus tanpa menghasilkan sesuatu karena boros.

Menghemat uang memang sulit dilakukan untuk banyak orang. Sebab, kebanyakan tak punya daftar kebutuhan prioritas kebutuhan apa saja yang diperlukan.

Tak banyak juga yang tahu langkah-langkah terbaik apa saja yang harus dilakukan untuk berhemat.

Berikut ini ada lima hal yang harus diketahui untuk menghemat pengeluaran agar keuangan tetap stabil: 

1 dari 2 halaman

Hati-hati, Sabar, dan Hidup Sederhana

Berhati-hati terhadap Pengeluaran Besar

Dikutip dari Lifehack, menjauhkan diri dari sifat " penny wise but pound foolish" . Peribahasa ini mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati pada setiap pengeluaran.

Tidak hanya pengeluaran kecil, peribahasa ini juga berlaku bagi pengeluaran yang memerlukan jumlah uang yang sangat besar.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar pengeluaran yang besar seperti, daftar pengeluaran untuk biaya rumah, transportasi, asuransi dan keuangan.

Bersabar

Bersabar merupakan suatu hal yang wajar ketika kita menginginkan sesuatu yang menarik perhatian dan untuk mewujudkannya. Terkadang kita harus memberi waktu kepada diri sejenak untuk berpikir apakah benda tersebut harus dibeli atau bahkan tidak.

Ketika menginginkan sesuatu hal yang sangat besar, jangan buru-buru untuk mewujudkannya. Bisa saja itu merupakan keinginan sementara yang mengelabui pikiran.

Hidup Sesederhana Mungkin

Kadang, saat mengalami kenaikan gaji, terbersit keinginan untuk meningkatkan kualitas taraf hidup. Contohnya, mobil baru dan rumah yang lebih besar.

Hidup sesederhana mungkin menjadi salah satu hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan uang yang dimiliki. Cara ini juga bisa membuatmu menjadi lebih kaya.

2 dari 2 halaman

Cermatlah dalam Berbelanja

Menerapkan Metode Belanja yang Cermat

Tanpa disadari, makanan menjadi pengeluaran terbesar. Kalau tak berhati-hati, belanja bisa menguras kantong.

Jadi, buatlah daftar belanja mingguan untuk mempermudah kamu mengatur pengeluaran belanja. Janganlah sekali-kali kamu ke supermarket tanpa membawa daftar belanja karena hal ini akan sangat mengacaukan keuangan.

Selain itu, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu, makanlah sebelum berbelanja. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran ketika berbelanja.

Membatalkan Keanggotan Gym

Ketika berkeinginan untuk menjaga kondisi fisik dengan melakukan gym, kamu harus memikirkan untuk tidak menjadi anggota di salah satu tempat fitness yang ada.

Kamu juga tidak harus datang ke tempat gym untuk menjaga tubuh. Cukup berolahraga sederhana dengan rutin, Anda dapat menggunakan taman kota yang ada saat ini sebagai tempat untuk berolahraga.

(Ism, Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary