Incar 1000 Investor, BNI Buka Layanan Rekening Dana Nasabah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 16 Juli 2019 06:24
Incar 1000 Investor, BNI Buka Layanan Rekening Dana Nasabah
Dengan ini, investor yang ingin bertransaksi saham syariah, bisa membuka rekening di BNI Syariah.

Dream – PT BNI Syariah mempermudah masyarakat yang ingin bertransaksi saham syariah. Bank syariah ini akan melayani pembukaan rekening dana nasabah (RDN).

Dikutip dari keterangan tertulisnya, BNI Syariah bekerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia untuk memberika layanan administrasi RDN. Layanan ini akan terafiliasi dengan Tabungan BNI RDN iB Hasanah yang bisa digunakan sebagai rekening penampungan transaksi saham nasabah di pasar modal.

“ Tujuan kerja sama ini adalah dalam rangka menningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK),” kata Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, di Jakarta.

Firman mengatakan kerja sama ini juga bertujuan untuk mengembangkan ekosistem halal. Target pasar layanan produk RDN ini adalah nasabah perusahaan sekuritas yang akan bertransaksi saham syariah di pasar modal.

Dia mengatakan ada beberapa manfaat kerja sama, yaitu mendukung perusahaan sekuritas yang memfasilitasi jual beli saham syariah untuk investor, meningkatkan keamanan dana investor, dan memudahkan investor memantau transaksi penyelesaian saham.

Pembukaan RDN di BNI Syariah ditargetkan bisa beroperasi pada semester II tahun 2019. Pada tahun pertama diharapkan pembukaan RDN mencapai 1.000 rekening.

Direktur Utama KSEI, Uriep Budhi Prasetyo, mengatakan semakin banyak bank administrator RDN akan mempermudah investor melakukan investasi di pasar modal. Investor memiliki beberapa pilihan bank untuk membuka rekening RDN.

“ Pembayaran juga menjadi salah satu upaya untuk memperluas jaringan pasar modal melalui kerjasama co-branding dengan perbankan,” kata Uriep.

1 dari 5 halaman

Begini Caranya

Nasabah yang ingin bertransaksi saham syariah, akan dibukakan RDN BNI Syariah melalui perusahaan sekuritas. Saat ini BNI Syariah telah bekerjasama dengan BNI Sekuritas.

Untuk proses pembukaan RDN BNI Syariah, nasabah bisa datang ke BNI Sekuritas untuk membuka akun syariah dan secara automatically akan dibukakan juga RDN syariah.

Ke depannya, BNI Syariah akan membuka peluang perusahaan sekuritas yang hendak bekerja sama.

Dengan dukungan total 16 bank administrator RDN, total jaringan perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh investor pasar modal Indonesia berjumlah 20 ribu kantor cabang. Diharapkan dengan ini jumlah investor pasar modal ke depan bisa terus naik.

2 dari 5 halaman

Rangkul Pengembang Lagi, BNI Syariah Incar Rp31 Miliar

Dream – PT BNI Syariah getol mencari pengembang properti untuk memacu kinerja perusahaan. Terbaru, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk ini menggandeng pengembang properti, PT Cipta Pilar Persada, yang membangun proyek apartemen Cordova Edupartment. 

Menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah, perusahaan berharap bisa meraup potensi dana segar senilai Rp31,1 miliar.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 5 Juli 2019, proyek apartemen Cordova Edupartment yang terletak di Semarang, Jawa Tengah saat ini masih memiliki 380 unit apartemen yang belum terjual.

“ Ditargetkan 10 persen dapat dibiayai oleh BNI Syariah sehingga potensi bisnis dari kerja sama diperkirakan mencapai Rp31,1 miliar,” kata SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi.

Iwan mengatakan penandatanganan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan konsumer BNI Syariah.

Hingga Mei 2019, realisasi pembiayaan konsumer BNI Syariah sebesar Rp14,5 triliun atau naik 12,81 persen secara tahunan (year on year) dari periode yang sama tahun 2018. Pembiayaan perumahan BNI Griya iB Hasanah menyumbang 40 persen dari total pembiayaan BNI Syariah.

3 dari 5 halaman

BNI Syariah Tebar Promo di Hasanah Festival

Dream – PT BNI Syariah menggelar Hasanah Festival di area Halal Park, Terminal 3 Bandara International Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten. Bank syariah ini menebar beragam promo dalam rangka milad ke-9 tahun.

Dikutip dari keterangan tertulis BNI Syariah yang diterima Dram, Sabtu 29 Juni 2019, acara ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi syariah. Salah satunya dengan mengangkat sektor industri halal.

“ Hasanah Festival di Terminal 3 Bandara Soetta mengusung konsep bazar dengan menghadirkan halal fashionhalal culinary, dan halal craft, dengan total 37 merchant eksisting ditambah 8 merchant yang dihadirkan khusus pada hari ini. BNI Syariah mengajak produk-produk lokal halal yang memiliki keunikan tersendiri dan memiliki kualitas ekspor,” kata Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo.

Firman mengatakan, BNI Syariah menyediakan beragam promo di acara Hasanah Festival, seperti promo free biaya administrasi, provisi dan appraisal produk BNI Griya iB Hasanah, One Day Approval BNI Fleksi Instan iB Hasanah, BNI Fleksi Umroh iB Hasanah.

Untuk menarik pengunjung, BNI Syariah berkolaborasi dengan Link Aja sebagai alat pembayaran cashless banking untuk bertransaksi di Hasanah Festival, dengan program gratis top up Link Aja senilai Rp50 ribu untuk 1.900 orang pengunjung pertama.

BNI Syariah juga menyediakan ruang konsultasi bagi para pelaku usaha UMKM mengenai kemudahan mendapatkan sertifikasi halal MUI, cek kesehatan gratis bagi para pengunjung bekerjasama dengan BNI Life, serta doorprize Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dengan total Rp10 juta.

Halal Park Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dipilih sebagai lokasi Hasanah Festival karena keberhasilan Halal Park di GBK dalam mengembangkan UMKM halal dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk-produk halal. Halal Park merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan ekonomi syariah melalui industri halal.

4 dari 5 halaman

Ada MoU dengan BPJH Kementerian Agama dan Pemberian Sumbangan

Pada kesempatan ini, BNI Syariah turut berbagi kebahagiaan dengan kaum yang membutuhkan dengan mendatangkan 375 anak istimewa dan memberikan bantuan kepada korban banjir Konawe melalui Wakaf Al-Azhar.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara BNI Syariah dengan BPJPH Kementerian Agama RI mengenai pemanfaatan jasa dan layanan perbankan Syariah. Hal ini merupakan bentuk dukungan BNI Syariah bersama BNI Inorporated untuk mewujudkan gaya hidup halal yang modern. 

Sebelumnya, BNI Syariah menggelar rangkaian kegiatan Milad ke-9 dengan tema “ Hasanah Go Higher” seperti Kompetisi Hasanah Movie, I’tikaf Hasanah, Benteng Hasanah di Batas Negeri, Berbagi Takjil Hasanah, Mudik Hasanah dan Kreasi Outlet Hasanah dan kegiatan serupa “ Hasanah Festival” Puncak Milad BNI Syariah ke-9 di Kantor Pusat BNI Syariah, 19 Juni 2019.

Dalam mengoptimalkan kontribusi dalam peningkatan ekosistem halal, BNI Syariah juga telah melakukan sinergi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam menyelenggarakan Deureuham (Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia), yang merupakan kompetisi bagi para pelaku usaha kreatif. Melalui Deureuham, BNI Syariah memberikan akses permodalan untuk mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya secara profesional dan berdampak positif bagi ekonomi umat. 

Industri halal menurut riset Global Islamic Finance Report 2017 mempunyai potensi besar untuk berkembang. Apalagi di Indonesia yang merupakan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

5 dari 5 halaman

BNI Syariah Fasilitasi Wakaf Tunai

Dream – PT BNI Syariah memfasilitasi transaksi wakaf tunai untuk proyek wakaf Syarikat Islam (SI). Hal ini menunjukkan kontribusi BNI Syariah terhadap penguatan ekonomi keumatan melalui instrument wakaf.

" Terkait dengan wakaf tunai, BNI Syariah memberikan kemudahan bagi para wakif untuk berwakaf melalui platform digital Wakaf Hasanah, baik melalui website maupun aplikasi android," kata Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, dalam “ Soft Launching Syarikat Islam Wakaf Tunai” di Kantor DPP Syarikat Islam, Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 29 Mei 2019.

Firman mengatakan BNI Syariah memfasilitasi masyarakat untuk berwakaf dan mendorong pemangku kepentingan, lembaga wakaf, dan masyarakat untuk bersinergi membangun kemandirian umat melalui fundraising wakaf.

Dengan wakaf, terdapat manfaat yang mengalir, memompa produktivitas, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

“ Hal ini sesuai dengan komitmen kami sebagai Hasanah Banking Partner, yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way),” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Syarikat Islam, Hamdan Zoelva, mengatakan dana wakaf yang terkumpul akan digunakan untuk keperluan produktif dalam pembangunan SI Tower. Di dalam bangunan itu, ada hotel syariah, rumah sakit, pelayanan haji dan umroh, serta ruang kantor syariah.

Selain kembali pada khittah awal SI, kegiatan dalam membangkitkan ekonomi Islam lainnya ikut digerakkan, seperti pengembangan koperasi dan pembangunan pesantren dengan memanfaatkan dana wakaf yang dikumpulkan. Ditargetkan, pengumpulan dana wakaf sampai tahun 2020 sebesar Rp 300 miliar.

Sekadar informasi, Lembaga Wakaf Syarikat Islam merupakan sebuah Lembaga Wakaf yang merupakan bagian dari Perkumpulan Syarikat Islam yang berfungsi sebagai wadah pengelolaan dan pemberdayaan harta wakaf. Selain itu, Lembaga Wakaf Syarikat Islam juga telah resmi menjadi Nazhir yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI).(Sah)

Beri Komentar
Summer Style 2019