Masyarakat Harus Bijak Pakai Kartu Kredit Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Mei 2020 09:06
Masyarakat Harus Bijak Pakai Kartu Kredit Syariah
Apalagi sekarang sedang ada pandemi Covid-19.

Dream – Selama pandemi corona, masyarakat harus bijak mengelola keuangannya. Salah satunya dalam menggunakan kartu pembiayaan syariah.

Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Adiwarman Karim, mengatakan kartu pembiayaan ini memang halal pemakaiannya. Tetapi, pengguna akan kesulitan jika tidak bijak menggunakannya.

“ (Kartu pembiayaan) halal, tapi kalau pakainya nggak bisa, jadi repot,” kata Adiwarman dalam webinar “ Bijak Bertransaksi dengan Kartu Pembiayaan di Kala Pandemi”, Rabu 20 Mei 2020.

Dia mengatakan, dalam pola pikir masyarakat, membayar kartu kredit hanya minimum payment, yaitu 10 persen. Dengan cara ini, nilai outstanding tidak pernah turun.

“ Itu akan menyulitkan nasabah di kemudian hari,” kata Adiwarman.

Apalagi di tengah pandemi, Adiwarman mengingatkan masyarakat untuk semakin bijak menggunakan kartu pembiayaan. Dia memperkirakan ada peningkatan pengunaan kartu kredit pada Juni dan Juli karena masyarakat memerlukan dana untuk menutup kebutuhannya.

“ Kalau nggak bijak, bisa lebih besar pasak daripada tiang,” kata dia.

1 dari 3 halaman

Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Dream - Bagi sebagian orang, kartu kredit adalah benda yang perlu dihindari. Salah satu alasan yang kerap dipakai, memiliki kartu kredit akan mendorong seseorang jadi lebih konsumtif dan boros.

Padahal, kartu kredit bisa memberikan banyak manfaat. Tentunya, produk perbankan ini harus digunakan dengan bijak.

Head of Cards and Payment UOB, Dessy Masri, membagikan tips agar tidak boros dalam penggunaan kartu kredit. Kamu bisa menggunakan tips ini untuk menghemat pengeluaran.

" Pertama, pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan lifestyle," kata Dessy di Jakarta.

Jika menyukai traveling dan makan, pilih kartu kredit yang memiliki poin. Ini agar poin dapat diredeem atau ditukar untuk mendapatkan potongan harga.

 

 © Dream

 

Kedua, optimalkan manfaat kartu kredit seperti points rewards, cashback, dan lain lain. Dengan begitu, harga yang didapat bisa lebih murah.

Ketiga, gunakan pin. Per tanggal 1 Juli 2020, pemerintah mewajibkan pemegang kartu kredit memiliki pin untuk melakukan transaksi domestik.

" Memiliki pin agar kartu kredit aman dari kejahatan dan jangan memberikan OTP (On Time Password/password sekali pakai) ke orang lain," ucap Dessy.

Kemudian jangan panik bila ada transaksi yang mencurigakan. Segera hubungi call center untuk memastikan transaksi itu.

Terakhir, pantau transaksi pembelanjaan dengan memanfaatkan internet banking. Kamu dapat memeriksa daftar transaksi dengan kartu kredit.

" Sekarang ada internet banking, sehingga kita bisa memonitor segala transaksi yang dilakukan," tutup Dessy.

(Laporan: Cindy Azari)

2 dari 3 halaman

Perhatian 4 Hal Ini Saat Bingung Bayar Tunai atau Cicilan Kartu Kredit

Dream – Saat berbelanja barang yang cukup banyak, terkadang kita sering dilanda dilema saat harus membayarnya. Di saat tengah ada promosi cicilan meski uang tunai tersimpan di dompet, kita sering tergoda untuk membayarnya menggunakan kartu kredit.

Namun kita biasanya baru menyesal saat melihat tagihan kartu kredit ternyata diluar ekspektasi. 

Dikutip dari All Womens Talk, Senin 18 Maret 2019, pembayaran melalui cicilan maupun tunai memang memiliki sisi positif dan negatif. Keduanya takkan jadi masalah jika kamu telah membuat keputusan dan pengaturan yang jelas.

 

 © Dream

 

Biar tak bingung, berikut ini adalah empat hal yang harus dipikirkan ketika memutuskan barang dengan kredit atau tunai.

Pertama, anggaran.

Banyak orang percaya lebih mudah untuk menjaga anggaran ketika membayar dengan tunai. Biaya tak terlihat dari menggesek kartu bisa membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak daripada membayar dengan tunai. Kalau bayar dengan tunai, kamu akan tahu kapan batas untuk berbelanja.

Kedua, toko.

Percaya atau tidak, masih banyak toko di luar sana yang tidak menerima kartu sebagai bentuk pembayaran. Dengan memutuskan untuk membayar tunai, kamu tahu bahwa kamu bebas berbelanja di toko mana pun yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Faktor Kenyamanan dan Manfaat dari Bank

Ketiga, kenyamanan.

Tentu saja orang suka berbelanja dengan kartu karena lebih mudah. Kamu tak perlu membawa tas dengan catatan dan yang receh.

Kamu juga bisa memblokir kartu jika dicuri. Jika yang dicuri adalah uang tunai, kamu takkan bisa mendapatkannya kembali.

Keempat, manfaat yang diberikan bank.

Ketika membayar tunai, kamu akan mendapatkan barang. Tak ada “ hadiah” yang akan diterima—kalau barang yang dibeli tidak dalam masa promo.

Beda halnya jika berbelanja dengan kartu. Bank acapkali memberikan promo kepada nasabah yang berbelanja dengan kartu mereka. Misalnya, cashback dan penawaran kredit. Ini berlaku untuk kartu debit dan kartu kredit.

Jadi, mana yang menguntungkan? Tunai atau dengan kartu kredit? Itu semua bergantung kepadamu. 

Beri Komentar
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 1