Cara Tepat Investasi Berlian, Jangan Salah Koleksi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Sabtu, 9 Februari 2019 08:01
Cara Tepat Investasi Berlian, Jangan Salah Koleksi
Nilai berlian akan terus naik.

Dream – Generasi milenial bisa dibilang semakin melek investasi. Jika anak muda zaman old menjadi emas atau tanah sebagai perhiasan, kini pilihan investasi anak zaman now semakin beragam.

Jam bermerek, reksa dana, atau mobil klasik adalah sedikit contoh investasi kekinian. Anak zaman now juga masih melirik perhiasan sebagai modal masa depan. Bedanya mereka sudah mulai melirik berlian.

Tak cuma stylish, berlian memang produk investasi yang menjanjikan. Nilainya bahkan bisa menyaingi bahkan mengalahkan emas.

Menurut pakar berlian, Leticia Paramita, investasi berlian bersifat abadi. Tak ada istilah bekas untuk berlian. Meski digunakan turun-temurun, nilainya akan terus meroket.

" Tentukan besar budget untuk investasi. Mulailah dari berlian dengan berat 0,5 gram ke atas," kata Leticia di acara Lino & Sons, Jakarta, Kamis 7 Februari 2019.

Batu berlian utuh akan lebih menguntungkan dibanding pecahan kecil yang disematkan pada perhiasan emas atau anting. Perlu diingat bahwa mounting atau frame perhiasan tidak mempengaruhi nilai investasi.

Berlian dalam bentuk perhiasan tidak dianjurkan sebagai investasi, terutama bagi kamu yang gemar mengikuti tren fashion. Sebab, tren yang silih berganti akan membuat berlian sulit untuk dijual.

" Kalau tetap ingin perhiasan, paling aman itu cincin dengan batu besar di tengah dan dikelilingi batu kecil di sekitarnya. Tidak akan kuno dan ketinggalan zaman," kata dia.

Selain itu, berlian dengan tingkat warna paling putih bernilai lebih tinggi dibandingkan yang berwarna. Pastikan untuk selalu menyimpan sertifikat asli dari toko berlian.

1 dari 3 halaman

Berlian Paling Murni Ini Akan Dilelang, Harganya Rp761 M

Dream – Berlian memang sudah dikenal sebagai salah satu batu mulia termahal di dunia. Namun tak banyak yang tahu jika sebuah berlian saat ini akan mencetak rekor sebagai yang termahal sejagat.

Sebuah berlian berwarna pink diperkirakan akan laku terjual senilai US$50 juta atau setara Rp761,42 miliar.

Dilansir dari CNBC, Rabu 10 Oktober 2018, berlian ini akan dilelang bulan depan di Rumah Lelang Christie. Pelelangan berlian pink akan dilakukan dalam acara Magnificent Jewels Sale di Jenewa.

Berlian berukuran 18,95 karat ini memiliki berbentuk segiempat. Warnanya pink.

Berlian bernama The Pink Legacy ini termasuk ke dalam golongan IIA. Kandungan berlian tersebut disebut yang paling murni.

Sekadar informasi, berlian pink sangat jarang ditemukan. Paling banter, berlian pink berukuran 1-2 karat. Hanya ada empat berlian berukuran lebih dari 10 karat yang dilelang selama 250 tahun.

Namun, The Pink Legacy tak menjadi batu termahal yang pernah dijual. Penghargaan ini masih dipegang oleh The Pink Star, berlian pin 59,6 karat yang dijual Sotheby di Hong Kong, tahun lalu. The Pink Star dijual dengan harga US$83 juta (Rp1,26 triliun).

Berlian mahal kedua di dunia adalah berlian biru Oppenheimer. Perhiasan ini dijual dengan harga US$57,2 juta (Rp871,07 miliar).

2 dari 3 halaman

Ditemukan Berlian 1000 Triliun Ton di Bawah Tanah

Dream - Para ilmuwan baru saja menemukan timbunan berlian yang sangat banyak. Jika ditambang dan diperdagangkan, berlian itu disebut-sebut akan menghancurkan ekonomi dunia.

Menurut para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology (MIT), ada 1000 triliun ton berlian yang terkubur di dalam akar kratonik di bawah permukaan tanah.

Namun yang menjadi masalah adalah timbunan berlian itu terkubur sangat dalam, yaitu di kedalaman 160 kilometer.

Sampai saat ini belum ada teknologi pengeboran atau pertambangan yang bisa menjangkaunya.

Akar kratonik adalah bagian paling tua dari batuan di bawah lempeng tektonik dan berbentuk seperti gunung terbalik di dalam perut Bumi.

Para peneliti memperkirakan bahwa akar kratonik itu mungkin mengandung berlian sebanyak 1-2%. Itu berarti terdapat 1000 ton berlian terkubur di sana.

Jika satu ton berlian adalah 50.000.000 karat, yang masing-masing seharga 3.000 poundsterling atau Rp 56 juta, maka total nilai berlian di akar kratonik itu adalah 150 sekstiliun poundsterling. Jika Anda masih bingung jumlah itu, lihatlah taaksiran harga berlian itu dalam angka berikut ini: 150.000.000.000.000.000.000.000.000 punsterling.

" Ini menunjukkan bahwa meskipun berlian bukan mineral eksotis, tetapi batu mulia ini relatif umum ditemukan di Bumi," kata Ulrich Faul, seorang ilmuwan peneliti dari Department of Earth, Atmospheric, and Planetary Sciences di MIT.

" Kita masih belum bisa mendapatkannya. Meski begitu, kami terkejut ada begitu banyak berlian di sana daripada yang pernah kami pikirkan sebelumnya," tambahnya.

Para peneliti mengatakan berlian berlian itu ditemukan setelah...

3 dari 3 halaman

Cara Bisa Dapatkan Berlian Itu

Mereka melihat sebuah anomali di dalam data seismik saat mencari sumber gempa menggunakan gelombang suara.

Faul menambahkan, dia dan rekan-rekannya memperkirakan bahwa anomali itu disebabkan oleh berlian yang terdapat di dalam akar kratonik.

" Berlian memiliki sifat khusus. Salah satunya adalah gelombang suara berjalan dua kali lebih cepat saat melalui berlian dibandingkan mineral di batuan mantel atas," jelas Faul.

Sayangnya, berlian itu belum bisa ditambang karena letaknya yang terlalu dalam. Lubang terdalam yang pernah dibuat manusia baru berada di kedalaman 12 kilometer.

Lubang bernama Kola Superdeep Borehole di Rusia itu memakan waktu 20 tahun untuk membuatnya.

(Sumber: Metro.co.uk)

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting