Mau Umroh di 2020? Begini Aturan Visa Terbaru yang Perlu Kamu Tahu

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 13 Februari 2020 10:13
Mau Umroh di 2020? Begini Aturan Visa Terbaru yang Perlu Kamu Tahu
Selain paket umroh termurah, berikut aturan visa terbaru yang perlu diketahui, sebelum memutuskan umroh di 2020.

Umroh menjadi salah satu impian umat muslim untuk menyempurnakan rukun Islam. Selain relatif lebih terjangkau secara biaya, umroh juga bisa memiliki waktu yang fleksibel untuk dilakukan. Dalam arti lain, kamu bisa melaksanakan ibadah umroh di sepanjang tahun, selama tersedia dana yang cukup, serta sehat jasmani maupun rohani.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, ketentuan umroh ini berubah, mengikuti kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Secara syariat tata caranya masih tetap sama, tetapi secara proses menuju Tanah Suci, ada beberapa hal baru yang perlu kamu ketahui, terutama soal visa.

Selain paket umroh termurah, berikut aturan visa terbaru yang perlu diketahui, sebelum memutuskan umroh di 2020.

Visa Progresif Nggak Berlaku Lagi

Buat yang belum tahu, visa progresif ini diberlakukan bagi umat muslim yang pernah berhaji maupun umroh, lalu ingin kembali lagi beribadah ke Tanah Suci. Jadi nggak perlu bolak-balik mengajukan visa lagi. Nyatanya aturan tentang visa progresif ini telah dihapus oleh pemerintah Arab Saudi. Aturan ini pun membuat biaya pembayaran sebesar 2.000 Riyal Arab Saudi untuk visa progresif turut dihapuskan.

Gantinya Cukup Membayar Government Fee

Sebagai gantinya, pemerintah Arab Saudi memberlakukan visa biasa yang hanya berlaku sekali, baik untuk yang pernah umroh maupun ingin umroh kembali. Selain itu, dari segi biaya, kamu hanya perlu membayar Government Fee sebesar 300 Riyal Arab Saudi.

Sudah Dihimbaukan oleh Kemenag

Informasi aturan visa terbaru untuk umroh maupun haji, dari pemerintah Arab Saudi ini pun sudah dihimbaukan secara langsung oleh Kementerian Agama atau Kemenag RI. Selain itu, dengan adanya aturan baru ini, seharusnya ada penyesuaian besaran biaya dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).

Dari hasil evaluasi Kemenag besaran biaya umroh berdasarkan aturan baru visa dari pemerintah Arab Saudi, sekitar Rp20 juta per orang. Jumlah itu bisa bertambah bergantung dengan fasilitas yang diberikan oleh PPIU kepada calon jemaah.

Kabar baiknya, kamu kini nggak perlu repot memilih PPIU terpercaya yang bisa menjamin umrohmu dengan lancar ke Tanah Suci. #MulaiAjaDulu dari Tokopedia Salam untuk cari produk Islami terlengkap, termasuk kebutuhan perjalanan umroh ke Tanah Suci.

Selain bekerja sama dengan partner perjalanan umroh terpercaya, Tokopedia Salam menghadirkan banyak pilihan paket umroh. Kamu bahkan bisa menikmati kemudahan bayar umroh di Tokopedia Salam dengan fasilitas cicilan tanpa bunga dan riba. Tunggu apalagi, wujudkan mimpi ke Tanah Suci di 2020 bersama Tokopedia Salam produk halal sekarang juga.

Beri Komentar