Anak Buah Jokowi Yakin Batu Akik Indonesia Mendunia

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 17 Februari 2015 15:42
Anak Buah Jokowi Yakin Batu Akik Indonesia Mendunia
Jika dikelola secara baik, industri batu akik bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah.

Dream - Booming bisnis batu akik ternyata tak hanya melanda masyarakat biasa. Seorang menteri kabinet kerja Joko Widodo pun ikut menjadi penikmat dari aksesoris batu yang sebetulnya telah ada sejak lama itu.  

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar yakin bisnis batu akik bisa dikembangkan menjadi industri kerajinan. Sarat dengan kreatifitas masyarakat asli Indonesia, industri ini  dinilainya perlu dijaga.

" Industri kerajinan batu akik, jika di manage secara profesional. Saya kira bisa mendunia," ujar Marwan dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 17 Februari 2015.

Menurut Marwan, jika dikelola secara baik, industri batu akik bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah. Bahkan dirinya mengapresiasi sejumlah daerah di Indonesia yang sudah mulai membuat rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Batu Akik.

" Seperti pemerintah kabupaten Rokan Hulu yang membuat Perda yang bertujuan melindungi perajin serta cara mengeksploitasi sumber daya alam tersebut," ujar Marwan.

Namun Marwan mengingatkan agar kreatifitas masyarakat dalam membuat batu Akik dibarengi aksi menjaga lingkungan dengan yang tidak merusak sumber daya alam lewat eksploitasi secara besar-besaran.

" Jadi harus ada panduan cara pengolahan, dan pemasaran, agar Industri Batu Akik bisa dikembangkan secara profesional," ujarnya.

Diakui Marwan, pengrajin batu Akik di Indonesia hingga kini masih banyak yang bekerja secara manual. Skala industrinya pun baru sebatas industri rumah tangga.

" Kedepan, Industri batu Akik, harus bisa menjadi lebih profesional dan mengangkat derajat masyarakat desa pengrajin batu akik," imbuhnya. (Ism) 

 

Beri Komentar