Meraup Untung Rp50 Juta dari Jambu Madu

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 Juli 2017 10:43
Meraup Untung Rp50 Juta dari Jambu Madu
Buah manis bisa menghasilkan keuntungan jika dimanfaatkan dengan baik.

Dream – Buah jambu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Buah yang satu ini digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan berkhasiat bagi tubuh.

Di Indonesia, ada beragam buah jambu. Ada jambu biji, jambu air, dan jambu arang. Nah, berbicara jambu air, di Pontianak, ada jenis jambu air yang berbeda dengan jambu air pada umumnya. Ukurannya lebih besar dan lebih berat. Namanya jambu madu.

Seorang petani jambu madu, Michael, mengaku tidak menyangka jambu madunya digemari masyarakat.

“ Peminatnya sangat ramai, bahkan buahnya sudah dipesan orang ketika masih berukuran kecil walaupun transaksinya tetap saat buah sudah dipanen,” kata Michael di Pontianak, Kalimantan Barat, sebagaimana dilansir Merdeka.com,  Senin 10 Juli 2017.

Michael mengatakan, saat ini, di area seluas setengah hektare yang berada di Jalan Ahmad Yani II, Kubu Raya, ada 200 induk produktif. Sejak empat bulan lalu, ketika panen jambu madu dimulai, Michael berhasil meraup pendapatan bersih sekitar Rp50 juta.

“ Saya tidak menyangka sampai orang bisa suka dan seperti tadi belum masak sudah dipesan. Mungkin buah dan rasanya berbeda dengan buah di pasaran,” kata dia.

Menurut Michael, satu pohon bisa menghasilkan 8-10 kg buah. Jambu madu pun dikelompokkan berdasarkan uikuran. Grade A (yang besar) dihargai Rp45 ribu perkg, grade B Rp35 ribu perkg, dan grade C sebesar Rp25 ribu. Dia tidak menjual buah yang berukuran kecil dan cacat.

“ Saya juga menjual tanah olahan, pupuk, dan ratusan bibit jambu. Harga bibit jambu madu sebesar Rp50 ribu perpohon dengan ketinggian kurang dari 60 cm, sedangkan bibit semi induk Rp200 ribu perpohon,” kata dia.

Meskipun laku keras, Michael mengaku belum mampu memenuhi permintaan toko-toko besar. Dia hanya menjual kepada pelanggan rumahan.

“ Produksi kebun tidak mampu untuk masuk ke toko buah maupun supermarket. Ini saja permintaan tidak pernah kosong,” kata dia.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik