Indentitas Masih Misterius, Pencipta Bitcoin Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia dengan Harta Rp1.040 Triliun

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 17 November 2021 19:35
Indentitas Masih Misterius, Pencipta Bitcoin Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia dengan Harta Rp1.040 Triliun
Siapakah dia sesungguhnya?

Dream - Bitcoin menjadi salah satu mata uang kripto yang paling diminati masyarakat luas dalam berinvestasi. Nilainya yang kian naik membuat daya tarik tersendiri.

Bitcoin diciptakan oleh seseorang dengan identitas samaran bernama Satoshi Nakamoto. Pencipta bitcoin dengan nama samaran ini memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan mencapai US$73 miliar atau sekitar Rp1.040 triliun, dengan kepemilikan crypto di 750.000 wilayah hingga 1,1 juta BTC.

Satoshi Nakamoto sekarang menjadi orang terkaya ke-15 di dunia setelah cryptocurrency baru-baru ini meningkat.

Harga bitcoin yang terus meningkat membuat Nakamoto diperkirakan akan masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih setara dengan investor Warren Buffett.

Nakamoto menggambarkan visi mereka untuk mata uang digital peer-to-peer dalam kertas putih pada tahun 2008, sebelum meluncurkan bitcoin beberapa bulan kemudian pada Januari 2009.

Setelah berkolaborasi dengan pengembang lain dalam proyek tersebut selama hampir dua tahun, Nakamoto menghilang dan akunnya belum aktif kembali.

1 dari 3 halaman

Identitas asli Nakamoto belum terpecahkan

Tercatat forum terakhir Satoshi Nakamoto diunggah pada tanggal 12 Desember 2010, dan saat itu ia masih aktif merespons beberapa email yang masuk.

Lalu setelahnya, Nakamoto pun menghilang untuk selamanya. Menurut kabar yang beredar, Nakamoto meminta Gavin Andresen agar mengabaikan anonimitasnya apabila membahas mengenai Bitcoin di hadapan publik.

Beberapa dompet bitcoin yang diyakini milik Nakamoto juga belum tersentuh, dengan nilainya yang sudah meningkat lebih dari 10 juta persen sejak terakhir digunakan.

Misteri seputar identitas asli Nakamoto tetap belum terpecahkan, meski bukti tidak langsung menunjukkan beberapa kandidat potensial.

Selain Nakamoto, ada beberapa nama lain yang diduga sebagai pencipta Bitcoin.

2 dari 3 halaman

Adalagi Finney, pioner kriptografi

Ilustrasi© shutterstock

Seperti Hal Finney, pioner kriptografi yang pernah menerima bitcoin melalui transaksi online dan banyak upaya dilakukan untuk menghubungkan aktivitas onlinenya dengan aktivitas Nakamoto.

Tapi Finney membantah jika dirinya sebagai pencipta cryptocurrency dan menolak untuk buka suara, sampai akhirnya ia tutup usia karena amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pada Agustus 2014.

Sebuah majalah Newsweek yang terkenal, juga pernah mengklaim telah membuka kedok penemu bitcoin, pada Maret 2014.

 

3 dari 3 halaman

Ditolak sebagian besar tokoh senior

Majalah ini mengklaim bahwa ilmuwan komputer dari Jepang-Amerika, Dorian Satoshi Nakamoto adalah dalang dibalik semuany. Namun artikel itu langsung dibantah setelah diterbitkan.

Pada tahun 2015, programmer asal Australia, Craig Wright mengaku dirinya adalah Satoshi Nakamoto. Namun, klaim ini ditolak sebagian besar tokoh senior dalam industri kripto.

Beberapa hari setelah menyatakan dirinya sebagai penemu bitcoin, Wright mencabut klaimnya dan mengunggah permintaan maaf di situs webnya.

Sumber: Independent.co.uk

Beri Komentar