Bank Muamalat Tambah Fasilitas Pembiayaan ke Barata Indonesia Rp100 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 14 November 2019 15:36
Bank Muamalat Tambah Fasilitas Pembiayaan ke Barata Indonesia Rp100 M
Penambahan ini memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menambah fasilitas pembiayaan kepada PT Barata Indonesia (Persero) sebesar Rp100 miliar. Hal ini sebagai wujud dukungan Muamalat terhadap program pemerintah sekaligus meningkatkan kerja sama dengan BUMN.

" Kami ingin mensupport project pemerintah dan company," kata Chief Corporate Banking Officer Muamalat, Irvan Yulian Noor, di Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Tambahan yang disalurkan berupa talangan tagihan kepada supplier Barata. Nantinya, Barata menjadi anchor customer yang akan memberikan referensi mitra usaha kepada Muamalat.

Sedangkan mitra Barata akan mendapat fasilitas pembiayaan jika memenuhi kriteria dan persyaratan dari Muamalat.

" Fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Muamalat akan membantu supplier mengelola keuangan," kata Irvan.

Bagi Muamalat sendiri, kerja sama ini mempercepat akusisi nasabah baru serta meningkatkan volume portofolio perusahaan. Bank syariah ini juga akan mendapat tambahan fee based income (FBI) dari transaksi pembayaran dari supplier melalui kanal elektronik.

Finance and Human Resource Director Barata, Rahman Sadikin, mengatakan Barata dan Muamalat sudah menjalin kerja sama sejak 2004. Saat ini, Barata telah mengantongi permodalan dari Muamalat menjadi Rp400 miliar.

Dengan tambahan permodalan Rp100 miliar, nilai fasilitas permodalan dari bank syariah ini mencapai Rp500 miliar.(Sah)

1 dari 5 halaman

Mobile Banking Bank Muamalat Hadirkan Fitur QR Code, Psst..Ada Banyak Promo

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan fitur QR Code pada aplikasi mobile banking terbarunya.  Fitur ini diharapkan memudahkan nasabah melakukan transaksi pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan Muamalat.

Kehadiran fitur baru itu juga sebagai bentuk dukungan Bank Muamalat terhadpa rencana Bank Indonesia (BI) yang akan memberlakukan kebijakan Quick Respon Code Indonesia Standard (QRIS) mulai 1 Januari 2020. Dengan standar ini, akan ada satu QR Code yang dapat digunakan pada beragam aplikasi.

" Kalau BI sudah menyiapkan perangkat, dalam arti aturan, kami sebagai bank mendukung," kata Consumer and Retail Banking Director Muamalat, Purnomo B. Soetadi, usai peluncuran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) di Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Untuk mengedukasi masyarakat terkait fitur baru tersebut, Muamalat akan menyosialisasikan kepada nasabah di berbagai event gathering.

Selain itu, Bank Muamalat juga menyediakan beragam promo pembayaran menggunakan QR code menarik minat nasabah.

Purnomo mengakui masyarakat membutuhkan waktu untuk membiasakan bertransaksi dengan QR code. Dia menyamakannya dengan masa awal diperkenalkannya Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

" Kalau balik zaman dulu, banyak orang yang punya kartu ATM, tapi yang bertransaksi dengan ATM belum banyak," kata dia.(Sah)

2 dari 5 halaman

Gandeng Muamalat, Takaful Keluarga Bidik Premi Rp120 Mliliar

Dream – PT Asuransi Takaful Keluarga berharap bisa mendapatkan tambahan premi Rp120 miliar dari produk asuransi syariah pendidikan anak. Optimisme itu menguat setelah perusahaan menjalin kerjasama dengan pionir bank syariah, PT Bank Muamalat Indonesia.

Dua lembaga keuangan tersebut bersepakat untuk bekerja sama dalam pemasaran produk asuransi syariah pendidikan anak. Dari kerjasama tersebut, perusahaan asuransi ini membidik premi ratusan miliar rupiah pada tahun pertama untuk kerja sama ini.

“ Bisa-bisa Rp120 miliar pada tahun pertama,” kata Direktur Utama PT Asuransi Takaful Keluarga, Arfandi Arief, di Jakarta, Rabu 4 September 2019.

Melihat asuransi yang dipasarkan berkaitan dengan pendidikan, Arfandi optimistis produknya tersebut akan laku di masyarakat. 

“ Insya Allah, pasti laku,” kata dia.

Arfandi mengatakan tantangan menjual asuransi syariah pendidikan ini memang bergantung kepada nasabah yang dibidik. Jika ditawarkan ke nasabah wealth management, tantangan yang dihadapi kemungkinan takkan banyak terjual.

“ Tinggal bagaimana meyakinkan mereka untuk save dan switch invest ke insurance,” kata dia.

Tantangan berbeda juga akan dihadapi oleh para agen penjual saat memasarkan produk ini pada nasabah baru.

“ Butuh seni untuk meyakinkan. Insurance rendah itu bukan karena nggak paham, tapi seberapa gigihnya (agen menawarkan asuransi),” kata dia.

(Sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

3 dari 5 halaman

Bank Muamalat Gendeng Blibli.com, Nasabah Pilih Hadiah Sendiri

Dream – PT Bank Muamalat Indonesia TBK bekerja sama dengan Blibli.com, untuk memberikan hadiah secara online kepada nasabah Bank Muamalat. Salah satunya adalah sepeda motor.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat, Achmad K Permana mengatakan, Bank Muamalat akan memberikan hadiah yang bisa dipilih langsung oleh nasabahnya.

" Kami menebarkan satu produk hadiah. Biasanya kalau orang mencari hadiah itu undian, kedua prosesnya lama, ketiga hadiahnya sedikit. Saya mau mereka memilih sendiri karena kebutuhannya berbeda," kata Permana di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Ada dua produk tabungan yang memberikan kebebebasan nasabah dalam memilih hadiah, yaitu Tabungan iB Hijrah Prima (TPB) dan Tabungan Hijrah Rencana Berhadiah (TRB).

" Ini merupakan terobosan memberikan hadiah yang terbatas dan limited," kata Permana.

4 dari 5 halaman

Begini Cara Dapat Hadiah

Menurut Permana, ketika nasabah menginginkan hadiah tertentu, bisa menghitung sendiri jumlah tabungannya untuk memperoleh hadiah yang diinginkan.

Dia mengatakan nasabah bisa mendapatkan hadiah berdasarkan jangka lama menabung.

" Bisa Rp100 juta (dapat motor) tapi lama, bisa tiga tahun. Tapi kalau (tabungan) Rp1 miliar bisa 6 bulan (dapat motor). Tergantung hadiah dan simulasi sendiri berapa uangnya mereka," kata dia.

Ketika nasabah sudah mendapatkan hadiah, Permana memastikan prosesnya tidak akan memakan waktu lama, apalagi hingga berbulan-bulan.

" Kecepatan kiriman dari Blibli.com dengan kehadiran warehouse di 20 titik kota besar juga akan mempercepat pengiriman," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Bank Muamalat Buka Tabungan Kurban, Setoran Minimal Rp100 Ribu/Bulan

Dream – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) mempermudah masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Bank syariah ini meluncurkan tabungan kurban, iB Hijrah Rencana Kurban.

Dikutip dari keterangan tertulis Bank Muamalat, Senin 12 Agustus 2019, Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat, Achmad K. Permana mengatakan, Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban diperuntukkan sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat yang berniat untuk menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan terencana.

“ Kami berharap dengan adanya program tabungan ini, nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melaksanakan ibadah kurban melalui Bank Muamalat,” kata Permana dalam peluncuran tabungan kurban di Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada tahun 2018 diperkirakan jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha mencapai lebih dari 1,5 juta atau meningkat sekitar 5 persen dari tahun 2017 dengan dana yang beredar sekitar Rp10 triliun di seluruh Indonesia.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan kebutuhan hewan kurban tahun 2019 ini tumbuh sebanyak 10 persen.

“ Melihat pertumbuhan ini, Bank Muamalat ingin menjadi wadah bagi nasabah untuk menghimpun dana untuk menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha dengan menyediakan program Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban di tahun 2019 ini,” kata dia.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone